Ekonomi Syariah

Wakaf Mudah Bersama AXA – MUI

JAKARTA, Akuratnews.com -  AXA Financial Indonesia bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar kerjasama untuk mempermudah bagi para dermawan dalam melakukan wakaf. Kerja sama ini memberikan solusi bagi para klien asuransi jiwa AXA, khususnya Asuransi Syariah dapat menyempurnakan ibadah dengan wakaf lebih tenang.

Ada perbedaan yang nyata antara program wakaf ini dengan fitur wakaf lainnya. Menurut Niharika Yadav, Presiden Direktur AXA Financial Indonesia di Jakarta pada Selasa (07/05) bahwa pemegang polis asuransi dapat melakukan wakaf disaat tertanggung masih hidup sekalipun.

Lembaga Wakaf MUI menyambut senang kerjasama ini. Program ibi dianggap sejalan dengan inisiatif pemerintah dalam meningkatkan literasi dan penetrasi keuangan syariah kepada masyarakat. Lukmanul Hakim selaku Ketua Lembaga Wakaf MUI menegaskan bahwa potensi wakaf di Indonesia sangat besar, setidaknya 100 trilyun per tahun. Bahkan di tahun 2018 realisasinya mencapai 400 trilyun rupiah. Oleh sebab itu, kerja sama ini diharapkan bisa memperluas bukan hanya menarik minat masyarakat berwakaf namun juga bagaimana memanfaatkan wakaf tersebut bagi kemaslahatan umat.

AXA Financial Indonesia sendiri menyadari potensi Indonesia sebagai negara muslim terbesar didunia. Potensi keuangan syariah, tentu juga besar. Oleh sebab itu, selain memiliki produk asuransi syariah, AXA Financial Indonesia juga mengembangkan program wakaf mudah bersama dengan lembaga wakaf MUI.

Fitur wakaf ini, sebagaimana dijelaskan lebih lanjut oleh Cicilia Nina selaku Direktur AXA Financial Indonesia dapat dimanfaatkan oleh para nasabah Maestro Syariah dan Cerdas Amanah Syariah. Kedua layanan ini dianggap bisa menjadi jalan bagi para nasabah dalam penyaluran wakafnya. Ada tiga manfaat wakaf yang saat ini diprogramkan, yaitu wakaf untuk pembangunan masjid dan pesantren, lahan dan bangunan produktif dan wakaf sapu jagat yang dikhususkan untuk membantu masyarakat terbebas dari transaksi riba, jelas Cicilia Nina.

Secara khusus, dalam menyambut bulan Ramadhan 1440 H, AXA Financial Indonesia menggelar program donasi selama periode Mei hingga Juli 2019 bagi para nasabah untuk memberikan donasi dan berbagi manfaat kepada sesama. Program yang dijalankan bagi nasabah melalui jalur distribusi telemarketing ini akan ditawarkan berdonasi lewat Lembaga Wakaf MUI.

AXA Financial Indonesia, yang hadir di 15 kota di Indonesia dengan ribuan agen, terus melakukan pembangunan kapasitas dan edukasi keuangan bagi masyarakat luas. (HQM)

Penulis:

Baca Juga