Azis Syamsuddin Divonis 3,5 Tahun Penjara, Masih Pikir-pikir Banding

DPP Golkar Hargai Proses Hukum Azis Syamsuddin di KPK
DPP Golkar Hargai Proses Hukum Azis Syamsuddin di KPK

AKURATNEWS - Mantan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin tidak langsung mengajukan upaya hukum banding setelah divonis 3 tahun dan 6 bulan atau 3,5 tahun penjara. Azis memilih untuk pikir-pikir selama tujuh hari dalam menyikapi vonis hakim tersebut.

Hukuman yang dijatuhkan hakim kepada Azis lebih ringan dari tuntutan Jaksa KPK. Azis oleh Jaksa KPK dituntut dengan hukuman 4 tahun dan 2 bulan penjara serta denda Rp 250 juta subsider 6 bulan kurungan.

Selain pidana kurungan badan, Azis juga dijatuhkan hukuman denda sebesar Rp 250 juta subsider 4 bulan kurungan. Serta pidana tambahan berupa pencabutan hak dipilih dalam jabatan publik selama 4 tahun usai menjalani pidana pokok.

“Terima kasih yang mulia, bismillah. Dengan putusan yang dijatuhkan pada saya, saya akan pikir-pikir,” kata Azis dihadapan Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (17/2/22).

Hal serupa juga diutarakan jaksa penuntut umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jaksa juga memilih pikir-pikir dalam menyikapi vonis hakim terhadap Azis. “Tanpa mengurangi hormat pada putusan, kami nyatakan pikir-pikir,” tegas Jaksa Aryawan.

Sementara itu, Jaksa juga menuntut agar Azis dijatuhkan pidana tambahan berupa pencabutan hak dipilih dalam jabatan publik selama lima tahun.

Penulis: Wijaya Kusnaryanto
Sumber: Antara

Baca Juga