Euro 2020

Azurri Taklukan Austria, Donnaruma Pecah Telor

AKURATNEWS - Kerja..kerja dan kerja keras bagi Italia guna menaklukan Austria di babak 16 Besar Euro 2020.

Bahkan skuad Roberto Mancini harus rela gawangnya yang dijaga Gianluigi Donnarumma  pecah telor oleh David Alaba cs. Padahal, hingga akhir babak penyisahan grup, gawang Italia tak pernah jebol alias clean sheet.

Di laga ini, Gli Azurri dipaksa bermain hingga babak tambahan oleh Austria. Ketegangan pun memenuhi 120 menit laga yang berakhir dengan skor akhir 2-1 ini.

Bermain di Stadion Wembley, London, Minggu (27/6) dini hari WIB, David Alaba dan rekan-rekan tampil mengejutkan dengan berhasil menahan Italia di sepanjang waktu normal.

Bahkan Italia dua kali tertolong offsidenya pemain Austria yang terekam VAR.

Gli Azzurri memastikan kemenangannya lewat gol Federico Chiesa (95') dan Matteo Pessina (105'). Sementara Austria memperkecil kekalahan berkat gol Sasa Kalajdzic di menit ke-114.

Italia sebenarnya bermain percaya diri dengan langsung membangun serangan ke lini pertahanan lawan. Namun usaha mereka masih belum berhasil untuk menembus pertahanan rapat yang diperagakan tim arahan Franco Foda.

Tercatat, di babak pertama Lorenzo Insigne cs berhasil melepaskan 11 kali tembakan ke gawang Austria. Namun, belum ada yang membuat gawang Austria benar-benar dalam bahaya. Skor kacamata pun bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua Austria bermain lebih terbuka. Peluang emas didapat Austria lewat tendangan bebas David Alaba di menit 52. Sayang, bola masih melambung tipis di atas mistar gawang Donnarumma hingga skor 0-0 untuk kedua tim masih bertahan.

Austria benar-benar membuat lini pertahanan Italia tertekan di babak kedua. Mereka berhasil menciptakan gol di menit ke-65. Namun, selebrasi para pemain terhenti seketika saat wasit menganulir gol tersebut setelah melihat VAR.

Marko Arnautovic yang menyambut umpan Alaba terlebih dulu berdiri pada posisi offside sebelum mencetak gol. Italia selamat, skor kaca mata tetap bertahan.

Jual beli serangan antara kedua tim terus terjadi setelahnya. Sejumlah peluang penting yang didapat di babak kedua membuat Austria bermain lebih percaya diri.

Sebaliknya Italia, mereka justru terlihat bermain di bawah tekanan. Mancini pun memasukkan Federico Chiesa, Manuel Locatelli dan Matteo Pessina guna menambah daya gedor. Italia pun sedikit berkembang saat ketiga pemain ini masuk.

Namun, gol tetap tak kunjung hadir. Kedua tim harus melanjutkan ke babak tambahan setelah tak ada gol tercipta di waktu normal.

Austria memulai babak tambahan dengan semangat membara. Keberhasilan mereka menahan imbang Italia di waktu normal membuat tim berjuluk Das Team ini semakin berambisi meraih kemenangan.

Namun naas, harapan mereka sirna setelah Italia bangkit dengan umpan-umpan ciamik tiga pemain yang baru dimasukkan Mancini di penghujung babak kedua.

Dimulai oleh Federico Chiesa yang mencetak gol di menit 95 dan dilanjutkan Matteo Pessina di menit 105.

Austria pun tersentak dengan dua gol ini. Mereka langsung memborbardir pertahanan Italia. Akhirnya Austria mampu memperkecil kekalahan berkat sundulan Sasa Kalajdzic di menit ke 114.

Serangan pun terus dilakukan Austria guna menyamakan kedudukan dengan harapan bisa masuk ke babak adu penalti. Namun sayang, hingga peluit dibunyikan wasit, tak ada lagi gol tercipta dan membuat Italia lolos ke babak 8 Besar.

Sebelumnya, Denmark memastikan lolos ke babak 8 Besar setelah menjungkalkan Wales 4-0 di di Stadion Johan Crujff Arena, Belanda

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga