Bagaimana Pentingnya Public Speaking di Industri?

Narasumber Konsultan Komunikasi yang juga Dosen Univ. Budi Luhur Linda Islami M. Si, bersama dengan pengurus Forum BBKLI dan perwakilan peserta saat mengikuti materi public speaking di Aston Hotel Serang, Banten.

Banten, Akuratnews.com - Sebagai makhluk hidup, tentunya berkomunikasi itu menjadi hal penting dalam bersosialisasi. Sebagai manusia, kita dituntut untuk memahami bagaimana berkomunikasi yang baik terhadap lawan bicara, untuk itu pemahaman komunikasi tak dapat ditawar-tawar terkait dengan kepentingannya.

Dalam dunia akademisi, kegiatan berkomunikasi disebut sebagai public speaking (PS), yang memiliki arti kegiatan komunikasi lisan yang dilakukan secara langsung di muka umum atau di hadapan sekelompok orang.

Konsultan Komunikasi Linda Islami M.Si, menjelaskan komunikasi membutuhkan penguasaan yang baik atas keahlian interpersonal dan intrapersonal, mendengarkan, mengamati, berbicara, bertanya, menganalisa, dan mengevaluasi.

"Komunikasi yang efektif akan memberikan manfaat, antara lain, pecahan masalah secara lebih cepat. Pengambilan keputusan yang kuat. Produktifitas yang meningkat. Hubungan bisnis yang lebih kuat dan meningkatkan citra profesional," terangnya saat menjadi pembicara dalam Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Industri BBPLK Serang dengan Tema” Melalui Sinergitas antara Forum Industri dengan BBPLK Serang Kita Wujudkan SDM yang Tangguh dan Berdaya Saing, Sabtu 19 Juni 2021.

Wanita yang juga Dosen Fikom Universitas Budi Luhur ini mengatakan, bagaimana komunikasi itu dapat dikatakan berhasil, dimana komunikasi yang terjalin membuahkan hasil yang positif.

"Komunikasi bisa dikatakan berhasil bila saling menghargai dan berempati diantara anggota organisasi," katanya.

"Dengan berkomunikasi efektif kolaborasi dapat terjalin dengan baik sehingga meningkatkan produktifitas kerja. Nah, ini yang penting dalam dunia industri, yang tentunya akan berimbas kepada perkembangan tingkat perekonomian karyawan nantinya," lanjutnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga