Bagaimana Pentingnya Public Speaking di Industri?

Narasumber Konsultan Komunikasi yang juga Dosen Univ. Budi Luhur Linda Islami M. Si, bersama dengan pengurus Forum BBKLI dan perwakilan peserta saat mengikuti materi public speaking di Aston Hotel Serang, Banten.

Industri Membutuhkan

Ketua Forum Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang Yusuf Adriyanto, S. Kom mengatakan, terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan BBPLK melalui Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan Industri (FKPLI) memang ada agenda semacam musyawarah Daerah setiap tahunnya. Pihaknya melakukan FGD yang salah satunya diisi dengan materi public speaking, bertujuan untuk bersinergi antara perusahaan, anggota, lembaga pelatihan pemerintah, BBLatihan kerja.

"Kebutuhan industri apa sih yang dibutuhkan, jangan sampai Balai Latihan Kerja (BLK) mencetak yang dilatih tidak bisa ditempatkan di industri. Kebutuhan apa yang dibutuhkan industri," ujarnya.

"Intinya, mensinkronisasi pelatihan yang ada di industri dan BLK, khususnya di Serang," lanjutnya.

Yusuf menjelaskan, ada kerjasama dengan BLK dan industri terkait SDM. Yang mana Anggota yang ada berkisar 700 perusahaan se-Banten yang saat ini hadir 100 perwakilan, antara lain ada instansi, akademisi, dinas dan lembaga pelatihan. Makanya kita bersinergi dengan akademisi, untuk masukkan pelatihan yang cocok dan sebagainya," imbuhnya.

Berbicara target dia mengungkapkan, pemerintah daerah memiliki kepentingan agar penduduk se-Banten bisa masuk di BLK dan bisa ditempatkan di sekitar Banten. Tapi tidak menutup kemungkinan BLK ini bisa menerima siswa dari seluruh Indonesia.

"Harapan saya BLK dengan perusahaan ini harus semakin bersinergi. Dan BLK bermanfaat bagi masyarakat. BLK terasa kebutuhannya dan pelatihannya benar bisa membantu perusahaan seperti simbiosis mutualisme. Ada keuntungan bagi perusahaan, dimana semua yang mengikuti pelatihan secara GRATIS bahkan diberikan uang saku. Siapa yang berlatih di BLK beruntung. Selain mendapatkan ilmu, mereka bisa berusaha, bahkan dapat diserap oleh industri," pungkasnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga