oleh

Baitul Mal Aceh Gelontorkan Bantuan Kuliah Anak Fakir Miskin

Calang, Akuratnews.com – Rencananya, Baitul Mal Aceh pada 2019 ini akan menampung biaya kuliah anak-amak fakir miskin Aceh yang sedang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi.

Hal ini disampaikan Kepala Baitul Mal Aceh, Tgk. Zamzami A. Rani saat menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW di Dayah Darul Abrar Sayeung, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya. Rabu (6/2).

Tgk. Zamzami A. Rani alias Abu Tausi mengatakan, pihaknya pada 2019 telah membuat sebuah program beasiswa yang dikhususkan bagi anak-anak fakir miskin dalam melanjutkan pendidikan.

“Kita di Baitul Mal Aceh, ada program yaitu satu Kepala Keluarga Satu Sarjana dengan kriteria anak fakir miskin dan juga membantu anak fakir miskin untuk biaya membuat skripsi,” jelas Abu Tausi.

Kepala Baitul Mal Aceh, Tgk. Zamzami A. Rani

Terkait pengumpulan zakat dan infak, Abu Tausi mengatakan bahwa tahun 2018 lalu jumlah zakat yang terkumpul sebanyak Rp52 miliar dan tahun ini juga mencapai Rp52 miliar, kemudian pada 2019 ini yang ditargetkan realisasi dari tambahan dana infak yang berjumlah Rp102 miliar.

Sedangkan untuk tahun ini, rencananya program Baitul Mal Aceh dengan anggaran Rp154 miliar nantinya akan dibagikan kepada tujuh Asnaf (Senif), baik berupa zakat konsumtif dan produktif.

Sementara itu, Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB, dalam sambutannya mengatakan, Pemda Aceh Jaya di bawah kepemimpinannya tetap komit akan membantu pesantren dan kaum santri yang ada di Aceh Jaya, baik membangun Infrastruktur dayah/pesantren maupun biaya konsumsi santri.

Dijelaskannya, selaku pimpinan daerah akan tetap memperhatikan untuk kemajuan dayah/pesantren yang ada di Aceh Jaya.

“Kami akan membahas dengan anggota legislatif untuk dialokasikan pada APBK Perubahan atau APBK Murni Tahun 2020 nanti,” harap Irfan TB.

Irfan juga mengatakan melalui peringatan Maulid Nabi SAW, ia mengajak kepada seluruh hadirin untuk sama-sama memajukan arah kebijakan pembangunan Aceh Jaya.

“Kita harus selalu berbaik sangka sesama kita, tidak saling cemooh dan saling mencurigai. Mari kita bersatu dan bersama-sama untuk membangun daerah,” ajak Irfan TB. (Mus)

Loading...

Komentar

News Feed