Balai Wartawan Depok Luncurkan Inovasi Terbaru, LBH

Ketua Yayasan LBH Balwan Depok Bismar Ginting dan Koordinator Balwan Depok Jhony Y Kelmanutu diapit dua pendiri Rabu,(26/01)
Ketua Yayasan LBH Balwan Depok Bismar Ginting dan Koordinator Balwan Depok Jhony Y Kelmanutu diapit dua pendiri Rabu,(26/01)

AKURATNEWS- Sejumlah pewarta yang bernaung di Balai Wartawan (Balwan) Depok kembali luncurkan inovasi terbaru yakni, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Balai Wartawan (LBH-Balwan).

Sebelumnya, Balwan sukses telurkan inovasi lain terkait sisi kerohanian seperti, Majelis Taklim dan Wartawan Kristiani (Warni). Kini, Balwan Depok secara resmi membentuk prodak kerja berlable LBH-Balwan.

Koordinator Balwan Depok Jhony Y Kelmanutu menyebut cikal bakal terbentuknya prodak baru itu lantaran dinilai tak sedikitnya terjadi tingkat kekerasan terhadap insan pers di Depok.

"Melihat fakta dan kenyataan tersebut, tentu sangat perlu dan mendukung sekali terbentuknya LBH Balwan Kota Depok", ucap Jhony, Kamis, (27/01).

Dia menyebut, LBH itu bertujuan mampu mambackup secara penuh dari tiap persoalan hukum yang dialami para insan pers dalam menjalankan tugas jurnalistik.

"Jadi, LBH Balwan akan berikan pendampingan hukum kepada para pewarta yang menemui masalah hukum saat bertugas d ilapangan. LBH ini juga akan tetap siap membantu masalah hukum yang dihadapi pewarta kendati tidak sedang bertugas jurnalistik", jelas Jhony.

Ketua LBH Balwan Kota Depok, Bismar Ginting,SH.,MH mengatakan, pihaknya terbuka bagi semua pewarta ketika ingin mendiskusikan persoalan hukum yang dihadapi baik saat bertugas maupun tidak.

"Rekan-rekan media bisa diskusi dengan kami (LBH Balwan) dan kita akan memberikan bantuan hukum sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Bismar menambahkan, jika layanan bantuan hukum kepada para pewarta diberikan secara cuma-cuma atau gratis.

Lebih dari itu bahkan, masih kata Bismar, ke depannya pelayanan tersebut juga dimungkinkan terbuka untuk umum khususnya masyarakat Kota Depok.

"Kedepan, LBH ini juga bisa menjadi sarana diskusi hukum bagi rekan pewarta yang saat ini tengah maupun akan menempuh pendidikan di Fakultas Hukum", harapnya.

Kesempatan itu, salah seorang pendiri LBH Balwan Depok Muryanto AM berharap agar legal formal keberadaan LBH ini bisa segera diwujudkan agar program kerja bisa cepat berjalan.

"Legal formal harus segera diselesaikan untuk menopang tiap program kerja maupun penanganan persoalan hukum yang dihadapi para pewarta khususnya di Depok", pukasnya.

Diketahui, Balwan Depok sebelumnya telah berhasil menelurkan dua inovasi dengan aktifitas para pewarta digiat kerohanian. Kedua inovasi itu Majelis Taklim Balwan dan Wartawan Kristiani (Warni).

Keduanya telah aktif berjalan pada giat kerohanian seperti agenda pengajian rutin di area Balwan yang dimotori MT Balwan. Begutu juga dengan Warni Balwan Depok.

Penulis:
Editor: Redaksi

Baca Juga