Balas Dendam, Pasukan Elit Iran Tangkap Kapal Tanker Inggris

Kapal Tanker Stena Impero yang ditangkap Pasukan garda Revolusi Iran. (Foto dok. mirror.uk).

Teheran, Akuratnews.com - Hubungan Ingris dan Amerika Serikat (AS) dengan Iran kian memanas. Sebagai aksi balasan atas perampasan Tanker milik Iran yang dilakukan Inggris di Gibraltar, pasukan elit Garda Revolusi Iran menangkap kapal tanker milik Inggris.

Mengutip reuters dari media pemerintah Iran, Press TV Sabtu (20/7/2019), dilaporkan, Garda Revolusi Iran telah menangkap kapal tanker Stena Impero karena melanggar peraturan internasional. Kapal itu dibawa dan diserahkan ke pihak berwenang untuk mengambil langkah-langkah hukum yang diperlukan.

Sementara itu pemilik kapal, Stena Bulk, dan manajer Northern Marine Management menyatakan, insiden penangkapan terjadi pada pukul 4 sore waktu Inggris. Menurut mereka, Stena Impero didekati oleh kapal kecil tidak dikenal dan sebuah helikopter saat transit di Selat Hormuz.

Stena Bulk mengatakan, pihaknya tidak dapat menghubungi kapal yang sekarang menuju Iran. Ada 23 pelaut di atas kapal. "Keselamatan mereka menjadi perhatian utama bagi pemilik dan manajer," kata mereka.

Situasi panas di Timur Tengah dipicu oleh AS yang menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran pada tahun 2015. Kekhawatiran global pun mengarah pada kemungkinan konfrontasi kekuatan militer Iran dibantu Rusia dengan Sekutu pimpinan Amerika. Penarikan diri AS pada kesepakatan nuklir membuat Iran yang sebelumnya melunak menjadi marah. Terlebih dengan adanya sanki AS atas ekonomi Iran.

Iran juga menganggap AS telah memprovokasi situasi Timur Tengah dengan melakukan penempatan pasukan tambahan di kawasan panas tersebut.

Penulis:

Baca Juga