Balkonjazz Festival Akan Kembali Digelar 14 Mei 2022 di Gasblock Balkondes PGN Karangrejo, Borobudur, Magelang

AKURATNEWS.COM--Balkonjazz Festival akan kembali hadir dihadapan kita semua untuk seluruh penikmat dan penggemar musik di tanah air. Penyelenggaraan Balkonjazz Festival ke 2 di tahun 2022 kali ini akan digelar di venue Gasblock Balkondes PGN Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah dengan tagline The Energy That Heals.

Pada gelaran yang kedua kali ini Balkonjazz Festival akan menampilkan beberapa artis nasional terpopuler diantaranya Kahitna, Pamungkas, Rendy Pandugo, Adhitia Sofyan, Dere, Juicy Luicy, Raissa Anggaini, Coldiac, & Megantoro. Festival destinasi wisata yang menggabungkan antara musik & UMKM yang di gelar di area Balkondes ini diharapkan akan menjadi pemantik dalam mempromosikan potensi ekonomi lokal khususnya lokasi dimana diselenggarakan Balkonjazz Festival dengan harapan pertumbuhan ekonomi dilokasi & daerah tersebut akan terus tumbuh & berkembang. Dan melalui event festival ini juga diharapkan dapat mendukung program pemerintah untuk percepatan pemulihan industri hiburan kreatif, kampanye vaksinasi nasional & juga sekaligus mengawali geliat event di masa pandemi ini.

Terkait dengan Borobudur sebagai salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas Indonesia, Presiden Jokowi saat kunjungan ke Bodobudur Rabu (30/03/2022) menyampaikan

“Dalam dua tahun ini memang kita melakukan perbaikan besar terhadap lingkungan di Candi Borobudur, baik jalan-jalan di sekitar Borobudur yang kita perlebar, kemudian juga di dalam Borobudurnya sendiri, untuk masuk ke arah candi juga kita percantik. Apapun ini adalah salah satu dari destinasi wisata prioritas yang ingin kita perbaiki,” ujar Presiden dalam keterangannya selepas peninjauan.

Selain dari sisi infrastruktur, Kepala Negara juga memandang penting penyelenggaraan ajang-ajang seni budaya secara rutin di destinasi wisata Tanah Air, termasuk Candi Borobudur. Menurutnya, pagelaran seni tersebut akan dapat menarik banyak wisatawan untuk mengunjungi Indonesia.

“Juga yang paling penting adanya event seni budaya yang rutin, seni pertunjukan yang rutin yang terus digelar di lokasi-lokasi destinasi wisata kita, termasuk di dalamnya Borobudur, harus terus dilakukan sehingga akan menarik lebih banyak lagi wisatawan untuk datang ke Indonesia,” imbuhnya.

Hal ini juga disampaikan Wakil Presiden RI, Ma’aruf Amin, saat mengunjungi Balkondes PGN Karangrejo, Magelang, Kamis (21/4/2022).

“Sesuai arahan presiden, pemerintah terus berupaya mengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas, salah satunya di Kawasan Borobudur. Dengan layanan kelas internasional dan menggunakan energi gas bumi yang ramah lingkungan, Gasblock di Balkondes PGN Karangrejo diharapkan mampu mendukung program tersebut. Apalagi Balkondes Karangrejo melibatkan masyarakat sekitar, sehingga juga bisa mendongkrak perekonomian desa,” ujarnya.

 Balkonjazz Festival 2022

Balkonjazz adalah destinasi wisata festival musik & UMKM yang di gelar di wilayah Balkondes -- Balai Ekonomi Desa, khususnya di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Balkonjazz Festival akan kembali hadir tahun ini di hadapan kita semua untuk seluruh penikmat dan penggemar musik di tanah air.

Penyelenggaraan Balkonjazz Festival ke 2 di tahun 2022 kali ini akan digelar di venue Gasblock Balkondes PGN Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah dengan tagline The Energy That Heals. Pada gelaran yang kedua kali ini Balkonjazz Festival akan menampilkan beberapa artis nasional terpopuler diantaranya Kahitna, Adhitia Sofyan, Dere, Rendy Pandugo, Juicy Luicy, Coldiac, Megantoro, & Raissa Anggiani.

Festival destinasi wisata yang menggabungkan antara musik & UMKM yang di gelar di area Balkondes ini diharapkan akan menjadi pemantik dalam mempromosikan potensi ekonomi lokal khususnya lokasi di mana diselenggarakan Balkonjazz Festival dengan harapan pertumbuhan ekonomi di lokasi & daerah tersebut akan terus tumbuh & berkembang. Melalui event festival ini juga diharapkan dapat mendukung program pemerintah untuk percepatan pemulihan industri hiburan kreatif, kampanye vaksinasi nasional & juga sekaligus mengawali geliat event di masa pandemi ini.

The Energy That  Heals

Alam memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri. Air, tanah, api, gas, udara, dan banyak sekali unsur alam adalah juga sumber energi yang tak terhingga, yang diberikan alam kepada manusia. Energi yang mampu membawa kita pada perubahan yang lebih baik dalam hidup kita. Energi yang sanggup membuat kita melakukan hal-hal yang luar biasa. Menggelorakan daya kerja sepanjang masa. Memberikan pengaruh positif dalam setiap segi kehidupan.

Energi yang memancarkan kebaikan, memberikan penghiburan, membawa kebangkitan dan menyembuhkan dari keterpurukan yang kita hadapi bersama, selama pandemi hampir dua tahun terakhir ini. Dengan energi ini, kita juga mampu membawa kesembuhan tidak hanya untuk diri tetapi juga untuk negeri. Energi yang juga mampu merawat kembali alam raya. Mampu mewujudkan pergerakan yang besar, kesadaran untuk saling memelihara, memberi dan menerima.

Menciptakan energi yang berdampak baik kepada lingkungan hidup kita. Sehingga bersama-sama kita bisa menciptakan sinergi alam dan manusia. Energi yang juga mampu memberikan kita kekuatan untuk melakukan usaha. Usaha untuk terus mengembangkan dan memajukan setiap aspek dalam hidup kita. Membuat kita bangkit, bergerak dan maju dari situasi pandemi. Energi yang membawa kebermanfaatan bagi masyarakat luas. Menumbuhkan semangat untuk terus bergerak mewujudkan mimpi dan cita- cita. Menghidupkan kembali gelora untuk berkarya bagi negeri tercinta.

Gasblock

Kawasan Borobudur merupakan salah satu wilayah yang berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang memiliki banyak destinasi wisata. Selain Candi Borobudur, baru-baru ini ada wisata baru di kawasan Borobudur bernama Gasblock yang letaknya di Balkondes PGN Karangrejo. Gasblock sebagai ikon terbaru dari Balkondes PGN Karangrejo sebagai perwujudan interaksi dan kolaborasi energi baik gas bumi yang ramah lingkungan, serta Desa Energi PGN yang unik, asri, dan kaya akan budaya Indonesia.

Gasblock merupakan destinasi wisata yang dibangun melalui CSR dari PT Pertamina Gas Negara yang memadukan antara indahnya bentangan hijaunya persawahan di bawah bukit Menoreh dengan resto di tengah persawahan dekat Candi Borobudur. Berlokasi di Balkondes PGN Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah, wisata Gasblock menambahkan Beberapa fasilitas baru untuk meningkatkan kenyamanan dan menarik minat wisatawan serta menyajikan pemandangan persawahan yang dapat dinikmati oleh para pengunjung sambil berselfie ria.

Pasar Balkon

Pasar Balkon telah menjadi identitas yang melekat dengan Balkonjazz Festival, pasar yang diperuntukkan & dikelola secara khusus oleh warga lokal untuk menjual semua hasil produk masyarakat lokal. Pengalaman Balkonjazz 2019 yang lalu telah membuktikan bahwa Pasar Balkon mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar yang tergabung dalam program ini.

Testimoni-testimoni para pengampu Pasar Balkon 2019 telah menunjukan tren positif hamper semua produk yang ditawarkan habis terjual pada hari pelaksanaan Balkonjazz.

Penulis: Irish
Editor: Redaksi

Baca Juga