Bambang Soesatyo Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua MPR RI Periode 2019-2024

Jakarta, Akuratnews.com - Bambang Soesatyo terpilih secara aklamasi sebagai Ketua MPR RI periode 2019-2024. Terpilihnya pria yang akrab disapa Bamsoet itu terjadi setelah Fraksi Gerindra melunak.

Sikap melunak Gerindra itu terjadi usai Ketua Umum Prabowo Subianto berkonsultasi dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Demi kepentingan yang lebih besar, kepentingan persatuan dan kesatuan dalam rangka menjaga marwah lembaga MPR, kami mengedepankan musyawarah mufakat," ujar anggota Fraksi Gerindra Ahmad Riza Patria di Gedung MPR, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

"Dan hasil konsultasi Bapak Prabowo Subianto dan Ibu Hajjah Megawati Soekarnoputri, Presiden RI kelima, maka Bapak Prabowo dan Ibu megawati bersepakat untuk kepentingan yang lebih besar, kami bersepakat menjaga lembaga MPR ini dalam forum-forum musyawarah dan memutuskan kebijakan-kebijakan penting dalam musyawarah mufakat," kata Riza.

"Kami Fraksi Gerindra sudah sepakat, setuju mengusung Bambang Soesatyo," ujar Riza Patria yang disambut tepuk tangan hadirin.

Pemilihan Ketua MPR periode 2019-2024 sebelumnya mengerucut hanya pada Bambang Soesatyo dari Golkar dan Ahmad Muzani dari Gerindra. Kedua politisi itu masih melakukan sejumlah manuver politik untuk mendapatkan dukungan.

Sementara itu unsur DPD juga telah resmi mendukung Bamsoet menjadi Ketua MPR periode 2019-2024.

"Kami DPD menyatakan dukungan kepada Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR," ujar Ketua Unsur DPD di MPR Intsiawati Ayus.

Penulis: Redaksi
Editor:Redaksi

Baca Juga