Bambang Sunardi: Tenaga Kerja Konstruksi Wajib Miliki Sertifikat Kompetensi Kerja

Bupati Saiful Ilah (berkopyah), didampingi Kadin PMD, Ali Imron, Kepala BKD, Ridho Prasetyo dan Kepala BPPD, Joko Santoso bersama sejumlah tukang seusai pelatihan dan sertifikasi di Desa Mojo, Krian, Sidoarjo. (foto dok. akuratnews.com)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan program infrastruktur 'Kota tanpa Kumuh (KotaKu)' 2019 ini, setiap pekerja jasa konstruksi harus bersertifikasi.

Hal itu sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 2/2017 tentang Jasa Konstruksi Pasal 70 ayat 1: "Setiap tenaga kerja konstruksi bekerja di bidang konstruksi wajib memiliki sertifikat kompetensi kerja."

Penegasan tersebut dikemukakan Panitia Sertifikasi Tukang Kabupaten Sidoarjo, Bambang Sunardi saat menghadiri pelatihan dan sertifikasi bagi para tukang, bertajuk "Kegiatan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi melalui Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat 'KotaKu' Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur," digelar KemenPUPR, LPJK Jatim dan Pemkab Sidoarjo, bertempat di Kantor Desa Mojo, Kecamatan Krian, Sidoarjo, Rabu (23/10/2019).

"Tujuan pelatihan dan sertifikasi ini untuk menghasilkan tenaga trampil, guna mendukung pelaksanaan program infrastruktur 'KotaKu' dan meningkatkan daya saing pekerja. Selain itu, agar hasil pekerjaan yang dicapai memiliki kualitas baik," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah mengapresiasi positif kegiatan pelatihan dan sertifikasi bagi para tukang yang digagas KemenPUPR ini.

"Kegiatan pelatihan dan sertifikasi ini baik sekali. Sehingga, para tukang yang mengerjakan program infrastruktur 'KotaKu' terbilang memiliki standar kompetensi sesuai yang diharapkan KemenPUPR," katanya.

Kegiatan pelatihan dan sertifikasi yang diadakan selama dua hari, Rabu - Kamis (23 - 24/10/2019) itu, diikuti 56 tukang dari 19 desa se-Kecamatan Krian, Sidoarjo.

Tahun ini, Sidoarjo memperoleh kucuran dana dari program 'KotaKu' sebesar Rp20 miliar. Dana ini dimanfaatkan untuk pembangunan paving, drainase (box culvert), TPST, plengsengan dan pengadaan motor gerobak pengangkut sampah. (*)

Baca Juga