oleh

Bamsoet Ajak KPK Beri Pembekalan Anti Korupsi kepada Anggota DPR Terpilih

Jakarta, Akuratnews.com – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengajak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bergandengan tangan melakukan berbagai terobosan mencegah suburnya korupsi di DPR RI.

Keberadaan para anggota DPR RI menurutnya bukan hanya sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihannya masing-masing, melainkan juga sebagai wajah dari partai politik Indonesia.

“Sebagai ikhtiar untuk terus membersihkan dirinya dari korupsi, DPR RI mengajak KPK bekerjasama memberikan pembekalan anti korupsi kepada anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024,” katanya dalam acara ‘Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi 2018’ yang diselenggarakan KPK dalam memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia di Jakarta, Selasa (4/12/18).

“Sebelum dilantik, mereka terlebih dahulu mendapat pembekalan dari KPK agar kelak tak terjerumus dalam lembah korupsi yang menyesatkan,” tambah Bamsoet.

Ia juga mengajak KPK bekerjasama memberikan award kepada partai politik yang anggota di Parlemen tidak terlibat korupsi. Selain penegakan hukum, pemberiaan reward menurutnya juga perlu dilakukan demi memacu semangat partai politik untuk selalu mengawasi para anggotanya di Parlemen agar tidak melirik godaan korupsi.

KPK, lanjut Politikus Partai Golkar ini, dapat melakukan penilaian secara terukur, terpadu, objektif, transparan dan akuntabel.

“Penghargaan yang diperoleh akan menjadi hal yang prestisius dan memberikan nilai lebih bagi partai politik tersebut di mata masyarakat. Sehingga bisa menjadi bahan kampanye yang positif,” pungkasnya.

Acara peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Tampil sebagai pembicara lain Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. (Ysf)

Komentar

News Feed