Bamsoet Harap Indonesia Perkuat Kerjasama dengan Korea Selatan

Bali, Akuratnews.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Bambang Soesatyo mengatakan, Korea Selatan merupakan salah satu negara mitra ekonomi penting bagi Indonesia.

Dewasa ini, kondisi ekonomi dunia semakin tidak menentu. Inilah yang membuat Bambang Soesatyo atau yang kerap disapa Bamsoet berharap, kerjasama ekonomi antara Indonesia dan Korea Selatan bisa lebih ditingkatkan lagi.

"Perlu kerjasama yang lebih kuat antara Indonesia dan Korea Selatan guna menghadapi gejolak perekenomian global. Dengan sifat komplementaritas sumber daya dan keunggulan yang dimiliki masing-masing pihak, kami melihat mekanisme kerjasama ekonomi yang memberikan win-win solution perlu terus dikembangkan," kata Bamsoet saat mengadakan pertemuan bilateral dengan Ketua Parlemen Korea Selatan, Moon Hee Sang, di Bali, Sabtu (15/09/18).

Bamsoet menjelaskan, hubungan antara Indonesia dan Korea Selatan telah terjalin harmonis selama 45 tahun. Korea Selatan merupakan penanam investasi dan acuan sumber teknologi, khususnya di bidang heavy industry, IT dan telekomunikasi. Sementara, Indonesia menawarkan peluang pasar yang sangat besar, sumber daya alam dan tenaga kerja.

Kata dia, kedua negara telah menjalin kerjasama kemitraan strategis pada 2006 dengan ditandatanganinya 'Joint Declaration on Strategic Partnership to Promote Friendship and Cooperation between Republic of Indonesia and the Republic of Korea'.

"Kemitraan tersebut kemudian ditingkatkan menjadi special strategic partnership di tahun 2017 dengan penajaman akselarasi industrialisasi di Indonesia," ujarnya.

Selain itu, Wakil Ketua Umum KADIN ini menambahkan, kedua negara telah menandatangani MOU kerjasama di bidang industri kreatif pada tahun 2013. MOU tersebut ditindaklanjuti dengan dibukanya Korean Creative Content Agency di Jakarta pada Oktober 2016.

"Kami berharap kerjasama di bidang industri kreatif antara pemerintah Indonesia dan Korea Selatan dapat lebih meningkat lagi. Khususnya, di bidang seni, kerajinan, musik, film, dan video games," pungkas dia.

Melihat hal ini, Bamsoet mewakili Indonesia menyampaikan apresiasi terhadap kerjasama ketenagakerjaan G to G antara Indonesia dengan Korea Selatan. Ia juga berharap kerjasama tenaga kerja ini akan semakin baik dengan penambahan kuota untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) nantinya. (Rhm)

Penulis:

Baca Juga