Bangun Imunitas, Yoga Mampu Tangkal Covid-19

AKURATNEWS - Tak hanya obat medis dan herbal atau vitamin saja, olahraga dan olah rasa diyakini mampu meningkatkan imunitas guna menangkal virus Covid-19 masuk ke dalam tubuh.

Dan yoga sebagai gabungan dari olahraga dan olah rasa ini bisa menjadi cara alternatif meningkatkan imunitas.

"Bisa menjadi salah satu sarana meningkatkan imunitas dan kualitas hidup yang lebih sehat di masa-masa krusial seperti saat ini," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, drg. Kartini Rustandi M.Kes saat memperingati Hari Yoga Internasional ke-7, Minggu (20/6).

Sementara itu, founder of Isha Foundation, Sadhguru menjelaskan, yoga memiliki potensi luar biasa menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan tangguh.

Menurutnya, yoga memiliki tingkatan dari sangat sederhana hingga yang lebih kompleks. Yoga juga dilengkapi dengan latihan pernapasan dan meditasi yang dapat membantu pelakunya memahami kompleksitas keberadaan manusia dan interaksi dengan alam semesta.

Yoga juga melatih menyatukan dan mengolah entitas fisik dengan non-fisik manusia, yakni tubuh dan pikiran untuk kesehatan serta kualitas hidup yang lebih baik.

Ada tiga jenis gerakan yoga yang bisa Anda praktekkan sendiri. Selain untuk meditasi guna menjaga ketenangan jiwa, yoga juga bisa membantu meningkatkan imunitas.

"Pertama Yoga Namaskar. Kedua Sashtang. Ketiga, Simha Kriya, sebuah latihan sederhana untuk meningkatkan kekebalan dan menguatkan sistem pernapasan," kata Sadhguru.

Ketiga jenis gerakan tersebut diciptakan Isha saat pandemi. Khususnya bagi para penyintas Covid-19 supaya membantu kembali pulih.

Gerakan yoga.

Berikut ulasan tiga jenis yoga yang baik dilakukan di saat pandemi COVID-19.

1. Yoga Namaskar
Yoga Namskar merupakan gerakan yang membiarkan gerakan tubuh mengalir begitu saja, serta dilakukan teknik pernapasan yang tepat. Gerakan ini baik untuk kesehatan tulang belakang Anda. Gerakannya yaitu meliputi tarik napas sambil menarik tangan ke atas. Kemudian regangkan sejauh kemampuan, lalu mata fokus pada tangan.

2. Yoga Sashtang
Selanjutnya ada yoga sashtang. Jenis gerakan yoga satu ini terbilang sederhana, yang berfungsi meningkatkan serta memperbaiki kadar oksigen dalam darah. Selain itu, gerakan yoga satu ini juga lebih energik. Antara geraman dan napas Anda harus seimbang ketika melakukan yoga Sashtang.

3. Yoga Simha Kriya
Yoga Simha Kriya yang merupakan latihan sederhana, diperuntukkan bagi peningkatan kekebalan dan menguatkan sistem pernapasan. Melalui gerakan ini, maka daya tahan dan keseimbangan paru-paru Anda akan meningkat, sehingga pernapasan menjadi lancar.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga