Banjir Serang Pangkalan Militer Israel, Delapan F16 Terendam

Tel Aviv, Akuratnews.com - Hujan deras yang terjadi Kamis dini hari pekan lalu di pangkalan udara Hatzor, selatan Israel menyebabkan banjir di landasan pacu dan dua hanggar jet tempur.

Stasiun Channel 12 melaporkan, banjir mencapai ketinggian satu setengah meter di dalam hanggar. Beberapa mekanik sampai harus dievakuasi ke tempat aman.

"Pada 05.00 Kamis pagi pangkalan masih kering, tapi dalam setengah jam pangkalan dibanjiri 50 juta liter air. Air bahkan merusak dinding beton," kata sumber Jerusalem Post.

Awalnya militer Israel menutup-nutupi peristiwa ini. Namun foto-foto F-16 yang terendam banjir menyebar di media sosial, Minggu malam (12/1). Militer Israel akhirnya mengakui bahwa foto itu benar adanya.

Dilaporkan, delapan jet tempur F-16 milik Israel rusak akibat banjir tersebut. Lima di antaranya rusak ringan, tiga lainnya rusak parah.

Pangkalan itu pernah dua kali kebanjiran pada 2013 dan 2015, namun tidak pernah sehebat ini. Hanggar di pangkalan ini terletak di samping dua sungai yang airnya meluber saat hujan deras.

"Kami tidak pernah mengalami banjir seperti ini di masa lalu," kata sumber militer Jerusalem Post.

Pihak militer mengaku menyesal tidak memindahkan jet tempur tersebut ketika hujan mendera.

"Itu kesalahan dan kami akan menyelidiki insiden ini dan mengambil pelajaran agar tidak terjadi lagi," kata militer Israel.

Minggu (12/1), air telah surut dan operasional pangkalan militer tersebut berjalan normal. Namun jet tempur yang rusak belum diperbaiki. Menurut Times of Israel, biaya perbaikan bisa senilai puluhan miliar rupiah.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga