Banjir Serbu Ibukota, Ini Solusi dr Sonia Wibisono Hadang Efek Negatifnya

Jakarta, Akuratnews.com - Belakangan ini musibah banjir terus melanda Ibukota. Hal ini tentu menimbulkan persoalan baru di tengah masyarakat, salah satunya adalah penyebaran berbagai penyakit yang disebabkan kuman dan bakteri.

Banjir yang disebabkan hujan yang turun terus menerus membuat sejumlah tempat tergenang air kotor yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti batuk, pilek, gatal gatal, diare, typus hingga leptospirosis.

“Saat terjadi banjir, biasanya akan muncul berbagai macam penyakit, yang datang bersamaan dengan masuknya air banjir ke dalam rumah dan mengotori berbagai perabot dan lantai, hal ini perlu diwaspadai dan jangan dianggap sepele,” ujar pakar kesehatan, dr Sonia Wibisono di Jakarta, Jumat (3/1).

Dikatakannya, penyakit lain yang menyertai banjir dan terbilang berbahaya adalah penyakit leptospirosis. Penyakit ini disebabkan bakteri leptospira yang disebarkan melalui urine tikus.

Dijelaskan dr Sonia, penyakit ini menyebar dengan ciri gejala awal timbul demam, sakit seperti pegal linu hingga terjadi komplikasi di organ dalam tubuh bila tidak segera ditangani.

Ia pun menyarankan, rumah, mobil dan tempat tidur yang terendam banjir juga harus diperhatikan. Pasalnya, tak tertutup kemungkinan banyak kuman penyakit yang bersarang di dalam interior mobil maupun tempat tidur hingga menimbulkan bau yang tak sedap.

"Tapi tak perlu khawatir, karena saat ini sudah ada penangkalnya yakni berupa produk spray anti kuman organik dan penghilang bau, yaknii LAVme," ujar dr Sonia.

Dikatakannya, korban banjir tak usah khawatir akan efek banjir karena untuk mencegahnya, tinggal pergunakan saja produk LAVme.

"Semprotannya bisa mencegah sekaligus membasmi kuman, menghilangkan dan menetralkan bau kotoran yang berasal dari banjir,” pungkas dr Sonia.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga