Bantuan Tak Kunjung Datang dari Pemda Bekasi, Warga Kerjabakti Perbaiki Jalan Utama Villa Mutiara

AKURATNEWS - Lantaran bantuan yang diharapkan tak kunjung datang dari pihak Pemda Bekasi, Jawa Barat, jalan utama di kawasan Villa Mutiara Gading 1, Setia Asih , Tarumajaya, Bekasi, diperbaiki oleh warga.

Dengan cara melakukan kerjabakti, warga memperbaiki jalan dengan cara ditinggikan peninggian dikerjakan agar jalan tak tergenang air.

Menurut Kepala Dusun V VMG1, Sudi Mangkur, jalan selama ini sulit dilalui padahal menjadi akses utama bagi warga. Dia juga tak menampik kerjabakti warga terpaksa dilakukan lantaran Pemda Bekasi tak kunjung memberikan bantuan.

"Awalnya warga mengharapkan adanya bantuan dari Pemda Kabupaten Bekasi dengan telah diajukankannya melalui Musrenbang 2022 untuk alokasi dana dari APBD 2022 . Tetapi dikarenakan keterbatasan APBD 2022 usulan alokasi dana untuk pembangunan Jalan Villa Mutiara Gading Raya ini belum bisa dipenuhi." Ujar Sudi Mangkur.

Sementara itu ketua pembangunan jalan lingkungan VMG1 H.Slamet Nursahid mengatakan, pengurugan jalan telanjur dilakukan dan telah memakan biaya sampai Rp129 juta, lantaran jika tak dikerjakan akan berdampak buruk bagi pengguna jalan .

"Ini beresiko bahaya bagi pengguna jalan ketika hujan terjadi, maka panitia beserta aparat lingkungan terkait (Pengurus Dusun bersama RT/RW) memutuskan tetap melanjutkan pembangunan minimal mendapatkan solusi Jangka pendek sampai dengan diturunkannya anggaran untuk pengecoran jalan." Ujarnya.

Adapun pengerjaan perbaikan jalan dilakukan dengan pemesangan paving block yang jika dihitung telah menelan biaya sebesar sekitar Rp275 juta. Seluruh dana merupakan swadaya masyarakat.

"Pengerjaan Paving Block ini direncanakan dibiayai melalui swadaya masyarakat melalui pengumpulan dana masyarakat dan donatur. Hingga saat ini dana yang telah dikeluarkan dalam pengurugan sekitar 129 juta yang terhimpun dari masyarakat sekitar 58 juta dan dana talangan 71 juta dari pinjamam koperasi Adanu." Lanjutnya.

Ditempat yang sama ketua RT01/14 Sekaligus Ketua DKM Masjid Raya Al Muhajirin VMG1
DR. H. M.Hatta ,M.Ed mengatakan, bahwa antusias warga dalam melakukan kerjabakti serempak sangat baik.

Adapun warga yang terlibat dalam kerjabakti antara lain di perumahan Villa mutiara gading1 setia Asih Tarumajaya Bekasi terdiri dari 4 RW dan 18 RT.

"Ini adalah momentum kebersamaan antar warga sehingga tidak tersekat sekat .
Dalam kesempatan ini Hatta Mewakili DKM juga memberikan sumbangsih Donasi secara simbolis kepada panitia pelaksana." Pungkasnya.

Dalam kegiatan kerjabakti tersebut dihadiri juga oleh PJ.Kades setia Asih, PJ.Kepala desa H.Dede firmansyah.Skep.Msi, Bimaspol Setia Asih Aiptu Rudi Hartono.SH dan Babinsa Setia Asih Pelda Yatimin.***

Penulis: Alamsyah
Editor: Ahyar

Baca Juga