Banyak Kerajaan Muncul, Diduga Jadi Pengalihan Isu Besar

Jakarta, Akuratnews.com - Maraknya fenomena munculnya kerajaan-kerajaan di tanah air belakangan ini patut diwaspadai. Analis Terorisme dan Intelijen Stanislaus Riyanta menjelaskan, munculnya kerajaan-kerajaan di berbagai daerah di tanah air bukanlah hal yang kebetulan.

“Ada semacam gejala perlawanan terhadap sistem pemerintahan yang ada sekarang. Perlawanan tersebut bisa dilakukan secara langsung oleh pelaku atau bisa juga pelaku adalah proxy,” katanya seperti dikutip Indopolitika.com Senin pagi (27/1/2020).

Dugaan lain, kata dia, munculnya kerajaan-kerajaan tersebut merupakan upaya sistematis untuk memecah konsentrasi publik terhadap kekuatan tertentu di tanah air. Selain itu, bisa juga kehadiran kerajaan-kerajaan itu merupakan upaya pengalihan isu.

“Kemungkinan lain adalah kerajaan-kerajaan ini adalah suatu tindakan sistematis untuk memecah kekuatan tertentu, termasuk juga memecah perhatian masyarakat ke isu tertentu.

Dia mengingatkan, ditengah kemunculan kerajaan-kerajaan itu, negara harus responsif. Negara tidak boleh mendiamkan bila terdapat unsur tindak pidana pelanggaran hukum. Misalnya adanya penipuan, pemalsuan, atau membuat onar.

“Jangan malah diberi panggung yang justru akan menjadi rasa penasaran masyarat yang berujung pada kegaduhan,” ujarnya.

Penulis: Redaksi

Baca Juga