Banyak Meresahkan Masyarakat, Pinjol Ilegal Perlu Diberantas

Ilustrasi-Waspada Pinjaman Online Ilegal
Ilustrasi-Waspada Pinjaman Online Ilegal

Dimana, desk collection dapat pinjol biasanya bertugas untuk menagih utang para korban. Sementara, SMS blasting merupakan salah satu modus yang dilakukan oleh pinjol ilegal sebagai sarana promosi ataupun untuk menagih utang.

"Saat ini orang-orangnya dalam pengembangan dan pendalaman untuk ke jaringan lain atau sindikasi lain," jelasnya.

Dari tujuh lokasi itu, penyidik mengamankan sejumlah barang bukti seperti modem, CPU, layar monitor, ratusan sim card, laptop dan peralatan elektronik lainnya. Alat-alat itu merupakan penunjang operasional perusahaan pinjol ilegal.

Tak hanya sampai di kuping Presiden, Ketua DPR RI Puan Maharani juga menyoroti banyaknya pinjol ilegal di Tanah Air.

Puan Maharani mendukung Polri tindak tegas praktik pinjaman online (pinjol) ilegal. Puan meminta agar praktik pinjol yang sangat merugikan masyarakat ini ditumpas hingga ke akarnya.

"Saya mengapresiasi langkah Kapolri dan jajarannya untuk memberantas pinjaman online ilegal yang selama ini telah menyusahkan masyarakat," kata Puan Maharani.

"Pemberantasan lintah darat online ini harus terus digencarkan hingga tidak ada lagi jeritan rakyat yang data pribadinya disalahgunakan dan diintimidasi," tambahnya.

Menurut Puan, penindakan hukum dari kejahatan pinjol ilegal harus menjerat sampai kepada pemilik atau pemodalnya, sekali pun yang bersangkutan merupakan warga negara asing (WNA).

Selanjutnya 1 2 3 4
Penulis: Aulia

Baca Juga