Proyek Sidoarjo

Banyak Proyek DPUBMSDA Sidoarjo Belum Terealisasi, Jadi Pertanyaan Publik

Kantor Dinas PUBMSDA yang berlokasi di Jalan Sultan Agung, Sidoarjo. (Wachid Yulianto/Akuratnews)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Memasuki triwulan ketiga pekan depan, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Sidoarjo, Jawa Timur tengah merencanakan banyak proyek APBD 2019 senilai ratusan miliar. Namun dari informasi yang diperoleh, rupanya baru beberapa proyek yang direalisasikan.

Akankah semua proyek DPUBMSDA bakal kelar akhir tahun ini?

Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah mengemukakan, sebagaimana dikemukakan Sekda, H. Achmad Zaini saat pertemuan ekspos program yang digelar Februari 2019 mengingatkan, seluruh OPD di lingkungan Pemkab Sidoarjo, termasuk DPUBMSDA, untuk segera melakukan penyerapan anggaran dan merealisasikan proyek yang sudah direncanakannya.

"Bila proyek tak kunjung direalisasikan, tentu masyarakat Sidoarjo yang dirugikan," kata Zaini pada Akuratnews.com beberapa waktu lalu.

Selama ini, sikap lamban DPUBMSDA terkait proyek, mengundang reaksi para rekanan setempat. Mereka menilai instansi ini terlihat tak serius dan menganggap enteng peringatan Bupati tersebut.

"Tak habis pikir, kenapa DPUBMSDA bisa begitu? Benar, ada proyek yang sudah terealisasi, tapi kan cuma beberapa saja dan bisa dihitung jari," gerutu Jo, seorang rekanan yang diamini sesama rekanan lainnya.

Hal senada juga diungkapkan Camat Tanggulangin, Didik Widoyoko, dia merasa risih, karena warganya kerapkali menanyakan proyek DPUBMSDA di desanya.

"Saya merasa tidak enak dengan warga, nanya terus, kapan realisasi proyek DPUBMSDA di desanya? Sudah saya hubungi pihak PUBMSDA, dijawab ya segera, tapi belum ada kegiatan sampai sekarang, " ucapnya.

Sementara itu, ketika Akuratnews.com akan menemui Kepala DPUBMSDA Sidoarjo, Sunarti Setyaningsih di kantornya, Rabu (26/6/2019), mau konfirmasi hal tersebut, dibilang resepsionis, tak ada di tempat. Hingga berita dirilis, belum dapat terverifikasi dari pejabat terkait. (*)

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga