Baqoel, Survive di Tengah Pandemi

Chief Executive Officer of Baqoel.com - PT. Arinofa Visi Karya Indonesia (AVKI) Dhian Arinofa, dengan latar belakang produk yang siap ememnuhi kebutuhan masyarakat akan sembako. (Istimewa)

Jakarta, Akuratnews.com – Sendi-sendi perekonomian telah diluluh lantakkan oleh makhluk kecil yang bernama Corona (Covid-19), yang sejak awal tahun 2020 hingga awal bulan Mei 2020, telah merangsek perekonomian masyarakat tanah air yang diketahui sebagian besar tenaga kerjanya bergerak di bidang jasa. Ada hal menarik di tengah kondisi pandemic yang diketahui sulit dalam melakukan survive di dunia bisnis. Jangankan membuka usaha baru atau meningkatkan market, untuk mempertahankan bisnis agar terus berjalan saja sangat sulit dirasakan banyak pelaku usaha. Namun berbeda dengan Baqoel, yang dapat meningkatkan produktivitasnya, yang berimbas kepada market share yang diperoleh, di tengah kondisi pandemic Covid 19.

Guna mengetahui strategi apa yang dijalankan oleh Baqoel serta bagaimana Baqoel ini dijalankan dalam ranah bisnisnya, Redaksi Akuratnews.com dan BisnisKita.id, berkesempatan mewawancarai khusus Chief Executive Officer of Baqoel.com - PT. Arinofa Visi Karya Indonesia (AVKI) Dhian Arinofa langsung di gudang Baqoel, yang terlihat sibuk mempacking pesanan demi pesanan dari para costumernya. Berikut petikan wawancaranya.

Redaksi : Bagaimana awal Baqoel didirikan dan apa keinginan yang disasar ?

Baqoel.com : Baqoel bisa menjadi wadah yang kita inginkan menjadi satu tempat yang memenuhi semua kebutuhan dapur dan kuliner. Awalnya kita menjadi mitra UMKM kita dan menjadi supplier untuk mitra food service industry dan akhirnya kita bergerak lebih luas lagi menjaid pendamping UMKM kuliner  dari mulai pendampingan hingga naik kelas. Ada tiga tahap UMKM yang kami tangani, yakni UMKM baru yang baru mulai usaha, konsisten dengan usahanya, dan hingga naik kelas.

Redaksi : Kenapa menggunakan nama Baqoel , dan bagaimana dengan kondisi saat ini?

Baqoel.com : Baqoel dalam bahasa Jawa adalah tempat atau wadah. Sehingga kita harapkan semua orang khususnya pebinis kuliner akan mendapatkan kebutuhan dapur mereka di satu tempat, baik melalui aplikasi baqoel ataupun website yang sudah kita sediakan. Tentunya di masa pandemic saat kuliner sedang lesu, tapi kita bisa konsisten mensuplay sembako untuk rumah tangga, karena ini merupakan kebutuhan pokok. Di saat yang lain terabaikan, sembako akan terus dibutuhkan. Menjadi berbeda saat belanja di Baqoel, karena kita sangat fleksible dan Casual dalam menjalankan bisnis. Kita akan mensesuaikan buget dengan setiap costumer sesuai dengan kemampuan. Tentu dengan menjaga kualitas produk itu sendiri.

Saat ini di masa pandemic banyak institusi dan komunitas social yang mereka rendah hati membantu sesamanya yang terdampak covid dan alhamdiulillah mereka banyak yang mempercayakan kepada kami, baik sifatnya project maupun social. Sehingga kita sampai saat masih aktif dan terus menerus bahkan bisa dikatakan 24 jam x 7 hari kita bekerja untuk bisa mensuplay kebutuhan sembako tersebut.

Redaksi : Bagaimana Jika ingin menjadi mitra Baqoel ?

Baqoel.com : Siapapun bisa menjadi mitra kami. Karena biasanya kesempatan itu tidak harus diperoleh dengan biaya yang mahal.Karena di baqoel manjadi mitra kami tidak ada biaya sepeserpun, atau zero budget. Cukup mendaftar download aplikasi, share joint baqoel trainer, isi lengkap data dan seketika sudah menjadi mitara kami.

Keuntungan menjadi mitra kita mereka bisa menjual bahan baku yang kita sediakan dan menjadikan kami menjadi distribusinya. Ini adalah gudang mereka, mereka bisa secara leluasa menjual kepada siapapun yang membutuhkan sembako dan kita bisa melakukan droppship sesuai dengan alamat yang ditentukan oleh mitra kami. Dengan demikian setelah terjadi penjualan, pembayaran dan seketika itu juga mereka mandapatkan insentif yang mereka berhak terima di baqoel.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga