Kalahkan Levante 1-0

Barcelona Juara La Liga Musim 2018/2019

Jakarta, Akuratnews.com - Gol tunggal Lionel Messi ke gawang Levante mengonfirmasi Barcelona sebagai juara La Liga Spanyol 2018/19 dengan tiga pertandingan sisa.

Barcelona FC berhasil menjadi juara La Liga musim 2018/2019. Predikat itu didapatkan usai El Barca menang tipis, 1-0, atas Levante di Camp Nou, Minggu (28/4/2019) dini hari WIB.

Raihan juara La Liga ini merupakan yang kedua bagi Lionel Messi dan kolega. Secara keseluruhan, Blaugrana telah mengoleksi 26 titel liga dalam sejarah.

Messi menjadi pembeda, dengan gol tunggalnya cukup bagi Barcelona untuk mengamankan tiga poin sekaligus titel juara dengan tiga pertandingan tersisa.

Barca pun berdiri nyaman di puncak klasemen La Liga dengan perolehan 83 poin, unggul sembilan angka dari Atletico Madrid yang berada di posisi runner-up.

Tim terakhir sebetulnya bisa mengejar perolehan Barca menuju akhir musim. Namun, raksasa Catalan itu unggul dari segi head-to-head atas pasukan Diego Simeone. Alhasil, kemenangan atas Levante membuat Barca sukses mengunci status kampiun pada edisi kali ini.

Melihat laga melawan Levante, pertandingan berjalan begitu alot. Meski Barca tampil dominan ssepanjang 45 menit pertama tak satu pun gol tercipta.

Pada babak kedua, barulah pasukan Valverde menemukan momentumnya. Tepat di menit ke-62, Messi memecahkan kebuntuan.

Berawal dari kolaborasi Ousmane Dembele dan Luis Suarez yang gagal membuka pertahanan sang lawan, Arturo Vidal kemudian menguasai bola sebelum mengirim umpan terobosan kepada Messi, yang menerimanya dengan baik lalu membuat penyelesaian akhir yang cantik.

Di sisa waktu yang ada, Levante sempat nyaris membuat pesta juara Barca tertunda seandainya aksi Bardhi tidak mengenai tiang gawang. Sampai wasit meniup peluit panjang, kedudukan 1-0 tidak berubah. Barca berhak mengklaim gelar juara La Liga edisi kali ini.

Usai laga, pujian tinggi diberikan kepada Messi. Ernesto Valverde menilai La Pulga -julukan Messi- merupakan pusat dari kesuksesan tim.

"Messi adalah pusat dari segala kesuksesan kami. Jelas bahwa saat dia berada di Barca, klub memenangi banyak trofi dan gelar juara liga. Andai saya harus menyebut nama di atas semua pemain ya harus namanya,"tukas Valverde.

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Baca Juga