oleh

Basarnas Sapu Dasar dan Permukaan Laut Dua Hari Kedepan

Jakarta, Akuratnews.com – Tim Basarnas dan tim KNKT masih terus melaksanakan operasi dengan intensitas tinggi. Kamis (8/11/2018) pagi, setelah melaksanakan briefing, tim Basarnas yang beroperasi di sektor prioritas 1 langsung melakukan penyelaman di titik-titik yang telah ditentukan.

Kapal Baruna Jaya I milik BPPT menjadi center operasi. Target operasi hari ini sampai 2 hari ke depan adalah mencari korban yang diduga masih berada di dasar laut, di sekitaran puing dan serpihan pesawat, dengan radius 250 meter. Sementara tim KNKT mencari CVR.

“Target operasi SAR tim Basarnas adalah melakukan penyapuan, baik di dasar laut maupun di permukaan untuk mencari korban,” kata Kabasarnas.

Terkait pencarian CVR sendiri menjadi tanggung jawab KNKT. Namun, antara Basarnas, KNKT, dan BPPT tetap bersinergi di lapangan, tetap solid, dan bahu membahu di lapangan.

“Basarnas siap dengan para penyelamnya jika KNKT dan BPPT nanti berhasil mendeteksi atau menemukan posisi black box,” terangnya.

Dijelaskan sebelumnya, ping locator sempat mendeteksi sinyal bagian black tersebut, namun lemah. Sumber sinyal itu sulit dipastikan posisinya mengingat dasar laut terdapat lumpur yang kedalamannya lebih dari 1 meter.

Sementara pada prioritas 2, melaksanakan penyapuan di area sekitar center point hingga penyapuan sampai garis pantai Tanjung Pakis untuk mencari korban yang kemungkinan hanyut terbawa arus.

Pada operasi hari ke-11 ini, tim SAR mengerahkan Baruna Jaya I dari BPPT yang di dalamnya terdapat tim sari KNKT, KN SAR Basudewa sebagai On Scene Coordinator, KN SAR Sadewa sebagai SAR Unit (SRU), KN SAR Drupada sebagai SRU dan 2 unit Rubber Inflatable Boat (RIB), serta 40 personil penyelam dari Basarnas Special Group (BSG).

Kasubag Humas Basarnas mengatakan, hingga Rabu (7/11/2018) pukul 20.00 WIB, total 187 kantong jenazah berhasil dikumpulkan.

“Satu kantong jenazah telah diberi label oleh tim DVI yang ada di posko terpadu, selanjutnya dievakuasi ke Rumah Sakit Polri,” ungkapnya. (Yan)

Komentar

News Feed