Rekapitulasi Pemilu 2019

Bawaslu Layangkan Surat Rekomendasi Bagi KPU Depok

Depok, Akuratnews.com - Pasca pencoblosan 17 April 2019 lalu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Depok langsung mengeluarkan rekomendasi pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Depok melalui surat bernomor 175/K.Bawaslu.JB-25/PM.00.02/IV/2019 tertanggal Selasa (22/4).

Sejumlah rekomendasi yang dilayangkan itu merupakan imbas dari gelaran Pemilu 2019 di Depok yang dianggap karut marut lantaran minimnya kesiapan penyelenggaraan dan banyaknya pelanggaran yang terjadi.

"Ada tiga poin bersifat penting dalam rekomendasi yang kami sampaikan melalui surat pada pihak KPU Depok," kata Ketua Bawaslu Kota Depok, Luli Barlini, Rabu (24/4).

Dalam isi surat tersebut, Bawaslu juga mengingatkan KPU Depok untuk memastikan pelaksanaan pengumuman pada seluruh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Depok.

Pihaknya, kata Luli, meminta pihak KPU untuk memfasilitasi penyediaan dokumen salinan hasil perhitungan surat suara pasca pencoblosan 17 April 2019 lalu serta melakukan supervisi untuk memastikan pelaksanaan pengumuman oleh KPPS dan PPS di Depok.

Terkait itu, Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna membenarkan adanya surat yang dilayangkan pihak Bawaslu terkait penyelenggaraan Pemilu 2019.

"Yang jelas kami akan menindaklanjuti rekomendasi yang telah disampaikan," ujar Nana singkat.

Terkait terjadinya pelanggaran penyelenggaraan Pemilu 2019 sesuai UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu pada pasal 391, 508, dan Peraturan KPU Nomor 3/2019 tentang pemungutan dan perhitungan suara dalam pemilu tertuang pada pasal 61, 63 dan 64, Nana enggan memberikan komentar.

Ketua KPU Depok ini terkesan enggan berkomentar soal mekanisme dan proses pelatihan, pemantapan serta sosialisasi yang diberikan pada seluruh PPS dan KPPS.

Penulis: Eko Ahdayanto

Baca Juga