Pilkada Depok 2020,

Bawaslu: Netralitas ASN, TNI dan Polri Diawasi

Depok, Akuratnews.com- Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Depok, Luli Barlini mengaku pihaknya tengah mengawasi netralitas aparatur negara pada proses Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Depok 2020.

"Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri sedang kami awasi sesuai tugas wewenang Bawaslu," ucap Luli, Saptu,(12/9/2020) sore.

Dikatakan Luli, pihaknya juga akan lakukan  pencegahan, penindakan terhadap segala bentuk pelanggaran dan sengketa pada proses Pemilukada.

Kaitan itu, pihak Bawaslu juga menerima dan akan menindaklanjuti laporan dugaan terjadinya tiap bentuk pelanggaran pada proses tahapan Pemilukada.

Bawaslu, kata Luli, sebelum dilakukan penindakan, pihaknya terlebih dulu lakukan pemeriksaan dilanjutkan pada proses pengkajian dan setelahnya memutus administrasi Pemilu.

"Jika terjadi pelanggaran, kami akan rekomendasikan kepada instansi yang bersangkutan mengenai hasil pengawasan netralitas ASN, anggota TNI dan Polri," ujar Luli saat dihubungi Akuratnewscom.

Mengacu pada tugas, pihak Bawaslu juga akan konsisten lakukan pengawasan pelaksanaan tahapan Pemilukada, serta mencegah terjadinya politik uang.

Dicontohkan Luli, terkategori bentuk pelanggaran yang akan diawasi Bawaslu diantaranya, ASN, TNI-Polri yang ikut memobilisasi salah satu Paslon, memfasilitasi Paslon.

Dia menambahkan, bentuk kategori pelanggaran lain yaitu 'me like', mengkomentari salah satu Paslon yang bersangkutan lebih unggul.

"Untuk saat ini, ASN Kota Depok belum kami temukan ada yang melakukan pelanggaran Pemilukada," tutup Luli.

Penulis:

Baca Juga