Bawaslu: Salinan Formulir Model C Wajib Ditempel di Ruang Publik

Depok, Akuratnews.com- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Depok ingatkan formulir Model C hasil-KWK yang merupakan berita acara dan sertifikat hasil penghitungan suara di TPS wajib ditempel di ruang publik selama 7 hari setelah pencoblosan.

"Pada gelaran Pilpres lalu, setelah kita (Bawaslu) lakukan ricek, hal itu tidak ada dilakukan. Sekarang kami pastikan formulir model C ditempel di ruang publik," jelas Ketua Bawaslu Depok Luli Barlini, Selasa, (8/12/2020) sore.

Upaya tersebut mengacu pada UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu seeta Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 tahun 2020 pasal 56B ayat (1).

Jadi, kata Luli, besok (8 Desember 2020) Bawaslu pastikan formulir model C harus ditempel di ruang publik agar masyarakat dapat mengakses hasil rekapitulasi perolehan suara Pilkada Depok.

Luli juga mengintruksikan kepada seluruh jajaran Bawaslu yang tersebar di tingkat Kelurahan maupun Kecamatan untuk bisa lakukan pengawasan secara maksimal terkait pelaksanaan Pilkada Depok.

"Ya, tim Bawaslu yang ada di tiap TPS, Kelurahan dan Kecamatan wajib memantau dan menempel hasil salinan formulir model C Plano tersebut," ucap Luli kepada Akuratnews.com.

Dia juga secara tegas nyatakan akan lakukan pemecatan jika jajaranya di Bawaslu masih diketahui ada yang tidak netral atau pro pada salah satu paslon di Pilkada Depok.

"Kami punya banyak cadangan. Ada sekitar lebih dari 200 orang lagi. Jadi, saya akan pecat jika masih ada jajaran Bawaslu yang pro pada paslon yang bisa pengaruhi independen kinerja Bawaslu," tegasnya.

Terkait sejauh mana maksimalnya proses sosialisasi Peraturan UU dan PKPU tersebut, Luli menyebut hal itu tergantung sejauh mana sosialisasi pihak KPU Depok.

"Mengenai sosialisasi itu tergantung pada Bimbingan Teknis (Bintek) mereka (KPU Depok)," ujarnya.

Terkait suksesi penyelenggaraan Pilkada Depok tahun 2020, pihak Bawaslu telah lakukan sejumlah upaya kesiapan pelaksanaan pengawasan Pilkada Depok.

Sejumlah pengawasan teesebut diantaranya seperti, memastikan PTPS lakukan ricek sudah berdirinya TPS serta lakukan pengecekan kesiapan kelengkapan TPS.

"Berikutnya termasuk lakukan pemeriksaan seluruh area TPS bersih dari alat peraga kampanye dan lain sebagainya," pukas Luli.

Penulis:

Baca Juga