oleh

BAZNAS Ajak Warga Cegah DBD

Depok, Akuratnews.com – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengajak warga untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang telah mewabah di berbagai daerah.

Di Cinangka, Sawangan, Depok, BAZNAS bersama warga melakukan kegiatan penyemprotan (fogging) dan
menebar bubuk abate untuk mencegah jentik-jentik nyamuk aedes aegypti.

Kepala Program Layanan Aktif BAZNAS (LAB), Iskandar mengatakan, kegiatan ini untuk mengurangi berkembangnya nyamuk aedes aegypti yang menjadi penyebab penyakit DBD.

“Selain bantuan kuratif, langkah-langkah pencegahan juga patut mendapat perhatian. Dengan mengajak peran serta aktif masyarakat, akan mengurangi banyak risiko yang ditimbulkan dari wabah DBD, dari materi hingga nyawa,” kata Iskandar dalam keterangan tertulisnya belum lama ini.

Ia menambahkan, kesehatan menjadi salah satu hal yang penting dalam kesejahteraan masyarakat. Jika masuk rumah sakit, maka akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga dapat menimbulkan kemiskinan baru.

BAZNAS dan warga dibantu oleh aparat setempat juga bahu-membahu melakukan penyemprotan, dimulai dari selokan hingga setiap sudut pemukiman warga di Cinangka.

Ketua RW 03 Kelurahan Cinangka, Munawar mewakili warga mengucapkan terima kasih kepada para muzaki BAZNAS. Berkat zakat yang ditunaikan melalui BAZNAS, masyarakat Cinangka menjadi terjaga kesehatannya.

Ia menambahkan, warga di RW 03 terdapat sebanyak 39 jiwa yang terkena wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) akibat gigitan nyamuk aedes agypti mulai dari anak-anak hingga dewasa bahkan sampai dirawat di rumah sakit.

“Terima kasih BAZNAS karena telah melakukan fogging di desa kami dan menebar bubuk abate untuk mencegah berkembangnya jentik nyamuk dan juga telah mengajak bersama masyarakat bersama-sama kerja bakti,” katanya.

Selain melakukan fogging dan penebaran bubuk abate, Tim Layanan Aktif BAZNAS (LAB) bersama warga juga melakukan aksi bersih desa. Sampah yang menumpuk terdapat kaleng-kaleng bekas atau wadah yang dapat terisi air, yang juga menjadi tempat berkembangnya nyamuk aedes aegepty, sehingga BAZNAS bersama warga gotong-royong membersihkan desa. (Yan)

Loading...

Komentar

News Feed