Bebas Dari KPK, Hakim PN Medan Diperiksa Badan Pengawas MA

Medan, Akuratnews.com - Setelah menjalani pemeriksaan dan dibebaskan karena tidak cukup bukti oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tiga hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan kini di periksa Badan Pengawas (Bawas) Mahkamah Agung.

”Saat ini ketua dan wakil ketua PN Medan, sedang dalam pemeriksaan tim Bawas MA,” kata Humas PN Medan, Erintuah Damanik pada wartawan, Kamis (30/8/2018).

Menurut Erintuah, pemeriksaan internal di lakukan tertutup di salah satu ruangan di gedung PN Medan.

"Setelah di bebaskan KPK tadi malam, ketua dan wakil ketua PN Medan sudah kembali beraktivitas seperti biasa,” ungkap Erintuah.

Seperti diberitakan sebelumnya KPK telah mengamankan dari PN Medan tiga hakim dan dua panitera termasuk Ketua PN Medan serta dari pihak swasta.

Satu hakim yakni Merry ditetapkan KPK sebagai tersangka karena diduga menerima suap dari seorang terdakwa kasus korupsi atas nama Tamin Sukardi. KPK juga menetapkan tiga pihak lain sebagai tersangka yakni Helpandi selaku panitera pengganti PN Medan, Tamin Sukardi, dan Hadi Setiawan yang disebut sebagai orang kepercayaan Tamin.

Ketua KPK Agus Rahardjo dalam konferensi persnya pada Rabu (29/8/2018) menyebutkan, setelah melakukan pemeriksaan awal pasca diamankan KPK yang dilanjutkan dengan gelar perkara, disimpulkan adanya dugaan tindak pidana korupsi menerima hadiah atau janji oleh hakim PN Medan secara bersama-sama terkait putusan perkara yang diserahkan kepadanya untuk diadili. (HSP)

Penulis:

Baca Juga