Beby Romeo, Pinkan Mambo Hingga Melly Goeslaw Segera Kawal Popa

Jakarta, Akuratnews.com - Indosiar coba kembali melakukan terobosan baru dalam melahirkan penyanyi yang akan meramaikan industri musik Indonesia.

Kali ini lewat ajang Pop Academy (Popa), Indosiar akan mencari talenta muda bersuara emas yang ingin mewujudkan mimpinya menjadi penyanyi terkenal di tanah air.

Di acara berdurasi 75 menit ini, tiga dari enam juri akan mengawal lahirnya penyanyi pop baru. Mereka adalah Beby Romeo, Melly Goeslaw dan Pinkan Mambo.

Juri lainnya adalah Agnez Mo, Giring dan Soimah dengan dipandu Narendra Pawaka dan Mario Pratama dari Duo Bujang dan Raffi Ahmad sebagai pembawa acara Popa, plus Wanda Dwi Utari dan Sheila Purnama sebagai pembawa acara audisi online.

Direktur Program SCM, Harsiwi Achmad meyakini musik pop adalah musik yang tak pernah lekang oleh waktu dan market-nya tidak pernah habis.

“Tergantung bagaimana kita akan mengemas agar Popa nantinya disukai penonton,” ujar Harsiwi saat Pers Briefing Virtual Pop Academy, Kamis (13/8).

Dalam pelaksanaan audisi, Indosiar sempat merencanakan tahap audisi dengan mendatangi 34 provinsi di Indonesia, namun karena terganjal pandemi Covid-19, audisi digelar secara online sejak 25 Juli hingga 31 Agustus mendatang.

“Saat ini saja peserta audisi online sudah mencapai 4.000 orang. Suasana audisi online tersebut ditayangkan Indosiar setiap Sabtu dan Minggu,” kata Harsiwi lagi.

Dari ribuan peserta audisi online tadi, sekitar 150 peserta yang lolos audisi online. Mereka kemudian dipanggil ke Jakarta guna mengikuti final audition pada September mendatang. Sebelum ke Jakarta, masing-masing peserta terlebih dulu melakukan rapid test di kota masing-masing.

Sampai di Jakarta, mereka akan dipertemukan langsung dengan para juri, Melly Goeslaw yang akan mengeksplor suara serta mengulik potensi diri dan aura mereka.

Selanjutnya, tahap show berlangsung di panggung mewah studio 6 tanpa penonton. Kalaupun ada, sangat terbatas. Itu pun wajib mengikuti protokol kesehatan, seperti adanya hand sanitizer, pengukuran suhu tubuh, duduk berjarak minimal 1 meter dan penyemprotan desinfektan untuk ruangan.

Tahap show tersebut akan menyaring dari 150 peserta menjadi 40 peserta, yang kelak tampil di Tahap Konser. Pada Tahap Konser masing-masing peserta dilatih untuk berkompetisi, sampai menemukan dua orang yang tampil di babak grandfinal

“Bagi pemenang utama selain mendapat hadiah uang, juga sebuah single ciptaan juri. Kami sedang menyusun jumlah uang yang tepat sebagai hadiah bagi juara pertama, kedua dan ketiga,” imbuh Harsiwi.

Seluruh rangkaian kompetisi Popa di studio Indosiar dilakukan secara striping alias setiap hari tersebut diperkirakan berakhir pada Desember mendatang.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga