Beda Arti, Pernyataan Mudik dan Pulang Kampung Presiden Jokowi Jadi Kontroversi

Jakarta, Akuratnews.com - Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut arus masyarakat keluar Jabodetabek sebelum pemerintah resmi melarang mudik pada 24 April merupakan aktivitas pulang kampung menjadi viral dan menimbulkan kontroversi.

Di acara Mata Najwa, Rabu (22/4), Presiden Jokowi menanggapi pernyataan Najwa Shihab yang menyebut hampir 1 juta orang curi start mudik hingga aturan larangan mudik dianggap tidak efektif.

Presiden Jokowi menyebut, mudik adalah aktivitas yang dilakukan menjelang Hari Raya Lebaran Idul Fitri. Sedangkan pulang kampung dilakukan tidak terkait hari raya keagamaan.

"Kalau itu bukan mudik, itu namanya pulang kampung. Memang bekerja di Jabodetabek, di sini sudah tidak ada pekerjaan, ya mereka pulang. Karena anak istrinya ada di kampung," ujar Presiden Jokowi.

Ia beranggapan, mereka yang mencuri start untuk pulang kampung justru berada dalam kondisi berbahaya jika tetap tinggal di Ibukota.

Ditambahkannya, saat pulang kampung, pemerintah daerah setempat telah menyiapkan tempat isolasi bagi warga yang ingin masuk ke wilayah tersebut.

"Coba dilihat juga di lapangan, ini lapangan yang kita lihat. Di Jakarta, mereka menyewa ruang 3x3 meter atau 3x4 meter, isinya 8 orang atau 9 orang. Mereka di sini tidak bekerja. Lebih berbahaya mana, di sini, di dalam ruangan dihuni 9, 8 orang, atau pulang ke kampung tapi di sana sudah disiapkan isolasi dulu oleh desa?" beber Jokowi.

Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman mengaku tidak ada perbedaan mudik dan pulang kampung karena sama-sama memiliki arti orang yang pulang ke kampung halaman.

Karena itu, kata Sohibul Iman, ketika Presiden Jokowi mengartikan mudik dan pulang kampung sebagai aktivitas yang berbeda, dirinya mengaku jadi bingung.

Seperti dikutip dari @msi_sohibuliman: Menurut KBBI, "mudik" adalah pulang ke kampung halaman dan "pemudik" adalah orang yg pulang ke kampung halaman.

Makna ini sesuai dg pemhaman umum selama ini. Jika tiba2 pak @jokowi di acara @NajwaShihab menyebut mudik itu beda dg pulang kampung, terus terang itu bikin ruwetWajah sedikit senyum.

Di media sosial, tak sedikit pula netizen yang mempertanyakan hal ini. Bahkan meme-meme terkait pernyataan tersebut sudah bertebaran di media sosial.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga