Bedah Buku Dorojatun Kuncorojakti, Indonesia Harus Tegas Hadapi Konflik

Jakarta, Akuratnews.com - Pakar ekonomi yang juga mantan menko perekonomian Dorojatun Kuncorojakti mengingatkan pemerintah Indonesia dan semua pihak, untuk mewaspadai posisi geografis indonesia yang sangat terbuka, dari segala macam ancaman dan resiko.

Dorojatun mengatakan, Indonesia sangat terbuka dari segi lalu lintas darat, laut dan udara yang makin lama akan semakin sibuk dengan penduduk dunia yang hampir 7 miliar jiwa. Indonesia akan kewalahan mengaturnya lalu lintas yang melewati Indonesia.

"Indonesian memang negara yang terbuka sekali, di kepung samudra pasifik, rangking satu yang luas di Indonesia, rangking ketiga samudra hindia, yang tersibuk di Laut Cina Selatan yang kurang lebih dilalui 100 ribu kapal dagang setiap tahun, " ujar Dorojatun Kuncorojakti, saat bedah buku yang dia tulis, berjudul "Menerawang Indonesia Pada Dasawarsa Ketiga Abad 21" di Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Menurut Dorojatun, disinilah peranaan Indonesia sebagai Gabungan Negara Nonblok atau anggota Asean yang berguna untuk menjaga ketertiban kedamian wilayah regional semua lalulintas darat, laut dan udara. "Indonesia harus tegas bila terjadi konflik di wilayah laut dan udara, Indonesia harus tegas, tidak akan berpihak kepada siapa pun." katanya.

Bedah buku karya Pakar ekonomi Dorojatun Kuncorojakti dihadiri ratusan perwira menengah polri dan tni yang sedang mengikuti Sespimti Polri di aula PTIK Jakarta. (*)

Penulis: Eddy Suroso
Editor:Hugeng Widodo
Photographer:Eddy Suroso

Baca Juga