Begini Inovasi PPK Kemayoran, Gabungkan Bersepeda Dengan Teknologi

AKURATNEWS - Pengelola Kompleks Kemayoran (PPK Kemayoran) mendorong masyarakat tetap bisa berolahraga sepeda di masa pandemi. Hal ini diwujudkan dengan menggelar 'Kemayoran Urban Fun Ride'.

Direktur Utama PPK Kemayoran, Medi Kristianto menjelaskan kegiatan ini menjadi salah satu terobosan baru dalam olahraga dengan menggunakan teknologi aplikasi Strava.

“Aplikasi ini memungkinkan para peserta untuk tetap berolahraga kapan pun dan dimana pun dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku,” jelas Medi di Jakarta, Senin (8/11).

Medi menambahkan, panitia menetapkan beberapa kategori dalam lomba kali ini yaitu Batavia dan kategori Nusantara. Pelaksanaan kegiatan ini dibagi kedalam dua kategori rute yakni, kategori Batavia (melewati kawasan Kemayoran) dan kategori Nusantara dengan rute fleksibel di seluruh Indonesia.

“Untuk kedua rute tersebut peserta dapat bersepeda secara mandiri dengan rute dan jarak antara lain 25 km, 50 km, 100 km hingga 200 km yang dapat ditempuh selama dua hari dari empat hari yang ditentukan,” tambah Medi.

Bagi peserta yang mengikuti kategori Batavia, peserta wajib melewati kawasan Kemayoran. Pada rute ini PPK Kemayoran menyediakan Refreshment Area yakni salah satu ikon Kemayoran yakni Hutan Kota 'Utan Kemayoran'. Sedangkan untuk kategori Nusantara, peserta dapat mengikuti kegiatan sepeda tersebut meski tidak berada di Jakarta.

Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang disesuaikan dengan kondisi pandemi, peserta cukup bersepeda dengan rute dan jarak yang dipilih menggunakan aplikasi Strava pada ponsel sebagai pengukur jarak dan waktu.

Sebagai penyelenggara kegiatan, PPK Kemayoran berharap agar kegiatan ini menjadi penyemarak peringatan hari pahlawan dan solusi cerdas untuk aktivitas olahraga di masa Covid-19 serta sebagai ruang yang digunakan untuk terus konsisten memperkenalkan aset-aset kawasan kepada masyarakat luas sebagai kawasan terpadu dengan berbagai perkembangan fasilitas lengkap di dalamnya.

Lebih lanjut Medi menjelaskan, pihaknya berencana membuka hutan kota Kemayoran pada 13 November mendatang. Untuk itu, PPK Kemayoran akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan pemprov DKI mengenai rencana tersebut.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga