Dari Vaksinasi Sampai Protokol Kesehatan

Begini Persiapan Pembelajaran Tatap Muka di Daerah PPKM Level 1-3

Persiapan Pembelajaran Tatap Muka
Persiapan Pembelajaran Tatap Muka

AKURATNEWS - Pembelajaran tatap muka (PTM) akan digelar di sejumlah daerah yang sudah turun status kewaspadaan Covid-19 dengan adanya penurunan level PPKM.

Banyak kalangan menyambut baik perkembangan ini, namun vaksinasi dan protokol kesehatan ketat tetap jadi syarat utama.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan bahwa daerah yang menerapkan PPKM level 2 dan 3 bisa melakukan persiapan PTM terbatas sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No 35 Tahun 2021.

“Kemarin sudah ada kesepakatan memang yang wajib vaksinasi itu guru-gurunya, karena untuk yang murid belum menjadi kewajiban. Tingkat vaksinasinya belum maksimal, tapi gurunya wajib,” kata dia.

Hal serupa disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Mulai Senin, 30 Agustus 2021 satuan pendidikan di daerah level 3 dan 2 sudah bisa memulai belajar tatap muka, namun dengan memastikan semua checklist kesiapan sekolah sudah dipenuhi.

“Misalnya saja guru dan tenaga kependidikannya sudah divaksin, unit pendidikan sudah mendapatkan izin dari Satgas COVID-19 Kabupaten/Kota setempat dan izin orang tua atau wali siswa,” kata Khofifah.

Sementara itu, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta akan memberlakukan PTM Terbatas Tahap 1 mulai Senin, 30 Agustus 2021 di 610 sekolah.

Penambahan pembukaan sekolah akan terus diupayakan dengan target pembukaan seluruh satuan pendidikan pada bulan November 2021.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Redaksi
Editor: Ahyar

Baca Juga