Dari Vaksinasi Sampai Protokol Kesehatan

Begini Persiapan Pembelajaran Tatap Muka di Daerah PPKM Level 1-3

Persiapan Pembelajaran Tatap Muka
Persiapan Pembelajaran Tatap Muka

Pada kesempatan lain, Ketua DPR RI Puan Maharani pun menyambut baik rencana pembelajaran tatap muka terbatas di daerah level 1-3. Menurut dia, hal ini bisa memulihkan kondisi anak-anak.

“Saya menyambut baik rencana daerah-daerah yang turun status menjadi PPKM Level 3 untuk menerapkan pembelajaran tatap muka secara terbatas karena sekolah tatap muka dapat memulihkan kognitif dan psikologis anak,” ujar Puan.

Meski demikian, eks Menko PMK tersebut juga mengingatkan bahwa protokol kesehatan mutlak dilakukan, dari memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Selain itu, kesiapan ruang belajar dan toilet sekolah bagi siswa harus sesuai prokes

“Sekolah tatap muka terbatas membutuhkan pengawasan bersama dari guru, sekolah, dinas pendidikan, dan dari orang tua murid sendiri agar pelaksanaannya sesuai dengan pedoman yang berlaku,” tutur dia.

Alumni FISIP Universitas Indonesia ini juga mengimbau agar pihak sekolah tidak memaksa siswa apabila orang tua atau walinya tidak mengizinkan.

Sekolah diminta tetap menyiapkan infrastruktur pembelajaran jarak jauh, mengingat sekolah tatap muka juga masih bersifat terbatas.

“Sekolah harus memahami apabila pihak keluarga siswa masih memiliki kekhawatiran jika melepas anak-anaknya kembali ke sekolah karena Pandemi Covid-19 belum berakhir. Saya harap, sekolah bisa memfasilitasi setiap kebutuhan siswa,” ucap Politikus PDI Perjuangan ini.***

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Redaksi
Editor: Ahyar

Baca Juga