Begini Strategi Citynet Indonesia Kembangkan Smart City

Bupati Saiful Ilah (2 dari kiri) selaku Presiden Citynet Indonesia saat membuka dan memberikan sambutan. (Foto: dok.Akuratnews.com)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Ratusan peserta perwakilan dari kabupaten/kota dan puluhan bupati/walikota di Indonesia telah mengikuti kegiatan "Seminar and Sharing Best Practice Citynet 2019 - Strategi Pengembangan Smart City" yang digelar Citynet Indonesia, bertempat di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) selama tiga hari, Rabu-Jumat (16-18/10/2019).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Presiden Citynet Indonesia, H. Saiful Ilah yang kini  menjabat Bupati Sidoarjo, Rabu (16/10/2019).

Dalam sambutannya, Saiful Ilah berharap seminar ini, menghasilkan ide atau gagasan baru berupa langkah untuk mempercepat penyusunan dan implementasi berkaitan masterplan smart city ke depan.

Dia juga menjelaskan, bagi kabupaten/kota yang masuk Citynet Indonesia ini bakal menuai banyak manfaat, salah satunya bisa mengembangkan jejaring dengan berbagai daerah di Indonesia. Sehingga, mempermudah berbagi konsep smart city untuk membangun kota lebih maju dan berkembang.

"Artinya, daerah yang tergabung Citynet Indonesia ini maju dan berkembang bersama-sama," ujarnya.

Selama tiga hari, diagendakan sejumlah materi mengenai strategi pengembangan smart city - narasumber Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) serta 'sharing best practice' tentang akselerasi pengembangan smart kampung di Banyuwangi - narasumber Bupati Banyuwangi, Azwar Anas; 'sharing best practice' soal strategi pembiayaan infrastruktur dan reformasi untuk mendorong pengembangan smart city - narasumber Pemkot Semarang dan 'sharing best practice' mancanegara - narasumber Keesei Lee dari Korea Selatan.

Dalam kesempatan ini, Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore mengatakan, peserta diajak berkeliling Kota Kupang dan berkunjung ke Kabupaten Sidoarjo pada program 'city tour', bertujuan untuk mengetahui potensi daerah setempat.

Kini, Citynet Indonesia sudah beranggotakan 24 kabupaten/kota di Indonesia. (*)

Baca Juga