Beginilah ‘Blusukan’ Sahabat Kartini di Bantaran Ciliwung Saat Pandemi Corona

Jakarta, Akuratnews.com - Komunitas Sahabat Kartini dan Yayasan Bahiira kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat yang menghadapi kesulitan dan bencana

Kali ini giliran warga bantaran sungai Ciliwung, tepatnya di RT4 RW 5 Pejaten Timur, Pasar Minggu yang baru saja mengalami musibah kebanjiran pasca meluapnya lagi sungai Ciliwung yang menjadi sasaran aksi sosial dua organisasi pimpinan Rani Anggraini Safitri ini.

"Musibah sangat bertubi-tubi, di saat pandemi Covid-19 ini, warga disini juga kena musibah banjir. Disini kita hadir untuk membantu warga disini," ujar Bendahara Sahabat Kartini, Fatma Nissa Assegaf saat hadir 'blusukan' memberikan bantuan di lokasi banjir, Kamis (21/5).

Dalam kesempatan ini, Sahabat Kartini dan Yayasan Bahiira memberikan bantuan paket sembako kepada sekitar 100 Kepala Keluarga (KK) yang terkena musibah banjir yang menggenangi hampir setengah permukaan rumah mereka

"Kita memberi bantuan sabun dan alat kebersihan serta paket sembako yang diperlukan warga yang terkena musibah ini," imbuh Fatma.

Tampak pula kehadiran Hana Hasanah, istri Wakil Ketua MPR, Fadel Muhammad yang juga salah satu pengurus Sahabat Kartini. Ia tampak gesit ikut 'blusukan' menyusuri gang sempit di pinggir sungai Ciliwung guna melihat rumah-rumah warga yang tengah dibersihkan pemiliknya lantaran lumpur tebal yang masuk bersama air banjir.

Mardianah, salah seorang warga RT 4 RW 5 yang rumahnya terkena banjir mengaku, musibah kali ini sangatlah membuat dirinya dan warga di sekitar sungai Ciliwung ini sangat terpukul.

"Ini pertama kalinya kita kena bencana yang berbarengan dengan wabah Covid, jadi dobel-dobel. Biasanya kita hadapi bencana ini dengan ikhlas saja, tapi saat ini kita benar-benar lagi diuji," ujar Mardianah.

Ia mengaku belum punya pilihan lain selain tetap bertahan tinggal di bantaran sungai Ciliwung ini.

"Kalo kita ada dana sih, kita mau saja pindah. Tapi ya mau gimana lagi saat ini," pungkasnya.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga