Beginilah Kronologis Pembakaran Lapas Sorong

Sorong, Akuratnews.com - Sore tadi, Lapas Klas II B Sorong di Jalan F Kaisepo KM 10, Sorong dibakar warga binaan sekitar pukul 15.30 WIT.

Aksi pembakaran tersebut diduga dipicu provokasi dari pendemo yang datang ke depan lapas menjelang sore.

Kabag Humas Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham, Ade Kusmanto menjelaskan, berdasarkan laporan yang diterima dari pihak Lapas Sorong, aksi pembakaran terjadi menjelang sore hari sekira jam 15.00-16.00 WIT.

Penyebabnya diduga dipicu oleh massa pendemo yang datang di depan Lapas Klas II Sorong. Memang, pada pagi hari sekitar pukul 11.00 WIT sejumlah massa pendemo datang mendekati lapas tersebut usai berunjuk rasa di gedung DPRD yang hanya berjarak 400 meter. Tapi sekitar pukul 13.00 WIT massa membubarkan diri.

Namun sekitar pukul 15.00 WIT datang lagi sejumlah massa yang kembali memprovokasi dari luar lapas.

"Mereka kemudian melempari gedung lapas sehingga memprovokasi penghuni lapas dan memicu emosi narapidana sehingga terjadi kerusuhan yang berujung perlawanan kepada petugas, pelarian narapidana dan pembakaran," kata Ade di Jakarta, Senin (19/8).

Saat ini, kata dia, kerusuhan sudah reda, hanya perkantoran lapas yang terbakar, sementara blok hunian narapidana aman. Namun sebagian warga binaan melarikan diri.

"Sebagian napi memang melarikan diri, sebagian tetap tinggal di halaman lapas. Saat ini belum bisa dihitung berapa orang yang melarikan diri. Namun ada satu org petugas yang terluka oleh napi karena menghalangi napi yang memaksa keluar lapas," pungkasnya.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga