Belajar dari Konsultan Bisnis Suhendro Bangun Kerajaan Bisnisnya

Pebisnis dan Konsultan Bisnis Suhendro, S.E., M.M.

Diceritakan pemilik akun instagram @suhendrowang, perusahaan pertama yang didirikan ialah PT. Cipta Terang Bersama, perusahaan impor industrial equipment. Perusahaan ini didirikan lantaran ia melihat Papanya yang membuka usaha jual equipment secara eceran ke hotel-hotel.

Suhendro penasaran lalu mencari tahu lewat browsing di internet, ternyata harga equipment dari pabrik hanya Rp 80.000, sedang sang Papa membeli melalui importir Rp 300.000. Dari situ terlihat perbedaan harga yang sangat mencolok.

“Importir untungnya besar sekali,” imbuhnya.

Akhirnya Suhendro usul pada sang Papa untuk impor langsung dengan skala besar. Ia menyanggupi mencari pinjaman modal. Papanya setuju. Dan, dari situ usahanya lalu berkembang.

“Kita jual Rp 160.000, untung satu kali lipat saja sudah cukup. Nah, dari situ saya berkembang, menguasai Batam, Sumbagsel, Sumatera Utara, Jawa, sampai Kalimantan dan Sulawesi distribusinya,” kisahnya.

Sesudah itu Suhendro mendirikan PT. Karya Putra Sriwijaya yang bergerak di bisnis kontraktor, khususnya di BUMN. Kemudian usaha building maintenance, seperti membersihkan kaca gedung, merenovasi film kaca gedung yang bocor, merenovasi tembok gedung yang retak, atau mengecek ulang building highrisk untuk gedung diatas 10-20 lantai dengan bendera PT Viva Sejahtera Indonesia.

  1. Selanjutnya 1 2 3
    Penulis: Redaksi

Baca Juga