Belajar Dari Ruben dan Jordi Onsu, Sandiaga Uno Wanti-wanti Pengusaha Tak Lupakan Ini

Jakarta, Akuratnews.com - Pengusaha kerap melupakan hal penting dalam menjalankan usahanya. Hal itu adalah mendaftarkan hak paten merk dagangnya.

Adalah penting bagi pengusaha untuk mendaftarkan merek dagangnya. Dari data yang ada, saat ini terdapat sekitar 8,2 juta pelaku usaha di sektor ekonomi kreatif, namun hanya 11,05 persen yang baru mendaftarkan hak paten merk dagangnya.

Hal inilah yang menjadi bahasan dalam diskusi edukatif bertema 'Pentingnya Mendaftarkan Merk Sebagai Dasar Suatu Usaha' yang dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno di Jakarta, Sabtu (27/2).

Di diskusi ini Sandiaga mewanti-wanti pelaku ekonomi kreatif agar tak lupa untuk segera mendaftarkan dan melegalisasi merk dagangnya kepada Ditjen Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Hal ini dikatakannya penting agar kejadian yang dialami artis yang juga pengusaha, Ruben Onsu dan adiknya Jordi Onsu yang harus rela kehilangan merk dagangnya 'Ayam Geprek Bensu' akibat terlambat mendaftarkannya.

"Kadang-kadang sebagai pengusaha, kita asyik bikin produk, terus jualannya laku. Tapi kita nggak jaga aset kita," kata Sandiaga.

Sandiaga mengaku ingin memiliki direktorat yang menciptakan intellectual property (IP) dan juga ingin mendorong bagaimama pentingnya hak kekayaan intelektual di sektor ekonomi kreatif.

Di kesempatan yang sama, Ruben Onsu mengamini apa yang diungkapkan Sandiaga Uno. Ia mengaku memetik pelajaran penting dari peristiwa yang dialaminya sendiri bersdama adiknya Jordi Onsu yang baru saja kehilangan merk dagangnya akibat terlambat dan lalai mendaftarkannya.

"Pendaftaran merk menjadi hal paling penting dalam memulai usaha. Ini sebagai legalitas kita. Saat usaha berkembang, maka kita akan merasa aman dengan merek dagang yang sudah kita daftarkan. Saya memetik pelajaran dari apa yang saya alami,” kata Ruben Onsu.

"Pelaku usah mesti wajib daftar merk dan ini menjadi dasar suatu usaha. Ini benar-benar penting untuk usaha kita dalam jangka panjang,” imbuh Jordi Onsu.

Nah... buat pengusaha dan pelaku industri kreatif, jangan lupa ya pesan mereka jika ingin usahanya langgeng dan lancar.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga