Belajar Melalui Fanspage Instagram

Akuratnews.com - Tahukah anda bahawa fanspage Instagram dapat menambah wawasan anda? Sebelum lebih lanjut anda perlu memahami gaya belajar seseorang.

Kemampuan seseorang terhadap suatu pengetahuan memiliki tingkat serta penyerapan yang berbeda-beda. Dan untuk memahami suatu informasi seseorang akan berusaha mempelajari suatu hal dengan sebaik-baiknya, sehingga pengetahuannya terhadap suatu informasi semakin luas. Proses pembelajaran ini dilakukan dengan interaksi indera manusia dan sumber pengetahuan.

Proses belajar ini berlangsung dengan berbeda-beda dan menjadi dominan pada suatu gaya belajar tertentu. Menyangkut tentang gaya belajar, dosenpsikologi.com menyatakan bahwa gaya belajar terbagi menjadi 5 macam yaitu; gaya belajar visual, gaya belajar auditori, gaya belajar kinestik, gaya belajar global dan gaya belajar analitik.

Gaya belajar yang berkaitan dengan akun/fanspage instagram ini berupa gaya belajar visual dan gaya belajar auditori dikarenakan instagram menampilkan bentuk tampilan berupa tulisan, gambar, audio, dan video. Gaya belajar visual yaitu kemampuan belajar dengan melihat suatu objek dan metode belajar yang tepat yatiu mindmap, video ilustrasi, alat tulis berwarna dan pembelajaran menggunakan bentuk.

Sedangkan gaya belajar auditori yaitu individu yang memiliki indera pendengaran yang lebih baik dengan cara mendengarkan. Hal ini berkaitan dengan proses menghafal, membaca, atau soal berupa cerita dan metode belajar yang tepat adalah dengan menggunakan musik, media auditori, berdiskusi, berbicara didepan kelas dan lainnya.

Menyangkut dengan instagram wearesocial.com mengungkapkan bahwa instagram masuk ke dalam 10 aplikasi media sosial yang terpopuler yang digunakan di Indonesia. Suara.com menyatakan bahwa Indonesia menjadi salah satu pengguna terbesar di Asia Pasifik dikarenakan platform di instagram yang kaya visual (Country Director facebook Indonesia).

Hal ini dikuatkan dengan pernyataan dari cnbcIndonesia.com menyangkut kutipan Katada yaitu pengguna aktif media sosial yang ada di Indonesia mengalami peningkatan sebanyak 20 persen di tahun 2019 dan menjadi negara ke-4 dengan penggunaan instagram yang terbesar.

Sebagai salah satu negara dengan penggunaan instagram terbesar, kita mungkin hanya memanfaatkannya sebagai suatu media sosial untuk berkomunikasi lewat pesan direct, memposting status ataupun foto, menyukai dan mengomentari postingan orang lain. Dan media sosial instagram ini pun sering anda buka dalam kehidupan sehari-hari dan hanya untuk melihat postingan-postingan dari pengguna lainnya.

Untuk itu, pemanfaatannya inilah yang tidak anda sadari maupun sadari ternyata bermanfaat bagi pengetahuan umum anda yaitu dengan adanya sistem sosial. Sistem sosial yang ada pada instagram yaitu dengan menjadi pengikut akun pengguna lainnya, atau memiliki pengikut Instagram dan dengan sistem sosial inilah anda dapat belajar.

Dengan anda mengikuti suatu akun atau fanspage instagram seperti dunia pendidikan, kesehatan, seni dan lain sebagainya anda dapat belajar dengan membaca, melihat dan mendengarkan video dari setiap postingan yang ada pada fanspage karena platform di instagram yang banyak dan juga menarik.

Media sosial yang anda miliki sebenarnya memang bermanfaat bagi anda terutama bagi seorang pelajar. Dengan adanya fanspage instagram yang diikuti seperti natgeo, galerydunia, doctor_online.id, indo_psikologi dan sebagainya sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan umum anda terhadap suatu hal.

Anda juga dapat belajar dari postingan fanspage atau akun yang anda ikut ketika ada postingan terbaru dari fanspage tersebut di halaman akun anda. Disaat itulah anda tanpa sadar akan membaca secara sekilas ataupun dengan teliti postingan yang ada, bukan hanya membaca anda pun bisa membuka klip video singkat pada postingan akun atau fanspage instagram tersebut.

Dengan demikian, adanya akun atau fanspage instagram yang menyampaikan mengenai suatu informasi juga bermanfaat bagi pengguna instagram. Adanya fanspage instagram kiranya pengguna akun instagram juga dapat memanfaatkan media sosial ini dengan baik serta mengikuti suatu fanspage instagram yang ada dengan bijak.

Baca Juga