oleh

Belasan Ruas Jalan Utama di Depok Masih Rawan Kemacetan

Depok, Akuratnews.com – Kemacetan yang terjadi disejumlah ruas jalan raya Kota Depok masih terjadi dan kerap dikeluhkan para pengendara motor dan mobil.

Salah seorang pengendara motor, Idris, warga Cipayung mengaku kerap alami kemacetan saat melintas di Jalan Raya Kartini dan Jalan Raya Dewi Sartika saat berangkat kerja maupun pulang kerja.

“Mau gimana lagi, rutinitas jalannya emang cuma dari jalan itu jadi gak bisa menghindar. Mau gak mau kena macet. Biasanya macet saat jam berangkat dan pulang kerja,” kata Idris saat dijumpai di Balai Kota Depok, Rabu (20/2/2019).

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Dadang Wihana R menyebut, titik kemacetan di Depok ada 11 titik dan tersebar di sejumlah ruas dan persimpangan jalan di Depok.

11 titik macet di Depok diantaranya, ruas Jalan Raya Margonda, Tole Iskandar – Siliwangi, Sawangan, Simpang Senggon, Al Huda, Grand Depok City dan Simpang Juanda.

“Treadment yang saat ini kami lakukan yaitu, management rekayasa lalu lintas disamping pembenahan insfrastruktur,” kata Dadang, di Balai Kota Depok.

Dirinya juga mengatakan selain lakukan rekayasa lalu lintas, pihaknya juga menempatkan petugas dibeberapa titik mulai pukul 05.30 wib hingga 22.00 wib serta melakukan penindakan parkir liar, pengaturan penyeberangan anak sekolah oleh Tim Geulis, dan pengendalian lalu lintas melalui ATCS dengan dilengkapi CCTV.

Untuk mengatasi titik macet, lanjut Dadang, tahun ini jembatan Dipo akan dilebarkan. Berikutnya akan dilakukan pelebaran jalan menuju arah timur, namun sebelumnya jembatan terlebih dulu dilebarkan karena terjadi penyempitan.

“Pelebaran jalan nantinya disisi timur di ruas Jalan Raya Kartini juga akan dilakukan pembebasan lahan. “Dalam rencana pelebaranya mulai dari rumah sebelum jembatan bisa sampai kearah makam,” ujar Dadang.

Terkait kemacetan, pihak Dishub mengaku telah menempatkan sejumlah personil di tiga titik persimpangan yang rawan kemacetan. Tiga simpang itu antara lain, simpang Cinere, Simpang Depok dan di Citayem.

“Saat ini di tiap simpang itu kami tempatkan satu regu berjumlah 20 orang personil. Penempatannya mulai jam 6 pagi hingga jam 10 malam,” tuturnya.

Sejauh ini, kendala yang dihadapi pihak Dishub terkait kemacetan yakni lantaran pertumbuhan kendaraan yang cukup tinggi, belum memadainya angkutan umum, pengguna parkir di bahu jalan juga masih adanya perlintasan yang tidak sebanding dengan head way kereta 2-3 menit serta waktu perjalanan bersamaan pada pagi dan sore hari di weekday serta siang hingga malam di weekend.

Penulis : Eko
Editor : Yandi

Loading...

Komentar

News Feed