Benarkah Listrik Indonesia Masih Mahal? Inilah Jawabannya…

Jakarta, Akuratnews.com – Masa depan penggunaan energi dunia ada di energi listrik, tak terkecuali dengan Indonesia.

Namun benarkah energi listrik yang ke depannya akan dipergunakan mengganti energi minyak bumi di Indonesia sudah terjangkau harganya oleh seluruh lapisan rakyat Indonesia? Pasalnya, jika harga listrik naik, keluhan rakyat akan hal ini pun semakin tinggi.

"Mahal atau murah dalam hal ini (listrik) adalah relatif. Kalau dibandingkan dengan kebutuhan pulsa atau kuota internet per hari, dan harga listrik kita per hari juga masih murah kok," ujar pakar energi kelistrikan, Ali Herman usai diskusi ' Indonesia Pasca Jokowi, Kedaulatan Energi, Apa Solusinya?' di Jakarta, Kamis (7/2).

Ia melihat sebenarnya faktor daya beli rakyat yang masih rendah. Hal itulah yang membuat listrik di Indonesia masih dianggap mahal. Padahal harga listrik Indonesia dibanding negara-negara lain di dunia masih relatif lebih murah.

"Jadi salah satu yang perlu diperbaiki ya juga daya beli rakyatnya," tegas Ali.

Diskusi ' Indonesia Pasca Jokowi, Kedaulatan Energi, Apa Solusinya?'

Bicara soal peran listrik ke depannya, Ali juga melihat sudah mulai berpindahnya angkutan massal, khususnya kereta api pada energi listrik. LRT di Jakarta dan Palembang contohnya.

"Nantinya, kereta api se-Jawa bisa menggunakan listrik. Saya sudah ikut merencanakan energi listrik untuk kereta api lintas Jawa ini sejak 2002," ujar Ali.

Pembicara lain yakni, pakar energi terbarukan Suryadharma menekankan harus adanya kebijakan energi yang berkesinambungan, tidak hanya asal tergantung kebutuhan.

"Energi saat ini sudah masuk dalam kebutuhan pokok selain sembilan bahan pokok. Ketahanan energi harus jadi konsern khusus pemerintah. Harus bisa juga berkesinambungan," kata Suryadharma. (rianz)

Penulis:

Baca Juga