Benarkah Pemerintahan Jokowi Terkuat Sejak Reformasi?

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

Fukyama dalam tulisannya Checks and Balances menyebutkan bahwa vetokrasi di AS telah membuat kelompok kepentingan yang terorganisir dengan baik dan kaya dapat memblokir inisiatif yang tidak mereka sukai. Ini kemudian melahirkan harapan di tengah warga AS agar pemimpin yang begitu kuat dapat lahir untuk mengatasi masalah tersebut.

Nah pertanyaannya, dengan koalisi besar Presiden Jokowi yang mampu mengonsolidasikan DPR, apakah itu menjawab masalah vetokrasi yang dikemukakan oleh Fukuyama? Seperti yang diketahui, birokrasi di Indonesia begitu buruk sehingga pengambilan keputusan menjadi tidak efektif.

Fukuyama dalam tulisannya Democracy and the Quality of the State juga menyinggung Indonesia dengan menyebutnya sebagai contoh negara demokrasi baru yang telah berhasil menyelenggarakan pemilu tetapi gagal membentuk pemerintahan yang berkualitas.

Pada konteks mulusnya UU Ciptaker, boleh jadi Presiden Jokowi telah menjawab tantangan vetokrasi karena UU tersebut lolos tanpa perdebatan yang berarti di parlemen. Akan tetapi, masalah vetokrasi tidak hanya soal pengambilan putusan yang efektif, melainkan juga memastikan kebijakan yang ada terlepas dari intervensi golongan kuat dan kaya. Ini kerap kita sebut sebagai oligarki.

Nah, pertanyaannya, apakah UU Ciptaker benar-benar terlepas dari intervensi oligarki?

Pasalnya, saat ini banyak beredar dugaan terdapat pasal titipan dalam UU tersebut. Ini misalnya diungkapkan oleh anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI dari Fraksi PKS, Mulyanto yang mengklaim berhasil menemukan penambahan atau penghilangan pasal atau ayat yang tertuang di draf Omnibus Law Ciptaker yang telah dikirimkan ke Presiden Jokowi.

Klaim ini sendiri telah ditampik oleh Ketua Panitia Kerja (Panja) UU Cipta Kerja, Supratman Andi Agtas yang menegaskan tidak terdapat penyelundupan pasal atau penyunatan pasal seperti yang dituduhkan.

Ya, terkait masalah pasal selundupan, tentunya ini sulit untuk dijustifikasi. Namun yang jelas, pada konteks pembuatan UU Ciptaker, Presiden Jokowi tampaknya telah berhasil menjawab tantangan vetokrasi karena mulusnya pengesahan produk hukum tersebut.

Kita nantikan saja ke depannya bagaimana kelanjutan drama UU Ciptaker ini. Menarik untuk ditunggu kelanjutannya.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Redaksi

Baca Juga