Beranjak Usia Ke 67, Menteri Hukum Dan HAM Mendapat Ucapan Sejumlah Tokoh

Prof. Yasonna H. Laoly
Prof. Yasonna H. Laoly

Jakarta, Akuratnews.com – Prof. Yasonna H. Laoly, SH, MSc, PhD atau disapa Yasonna, salah satu menteri Kabinet Indonesia Maju kepemimpinan Jokowi (Joko Widodo) periode 2019 – 2024. Yaitu sebagai Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Yasonna sangat dikenal dengan motto hidupnya. Teguh dalam prinsip hidupnya. Terutama sebagai darah Nias Batak. Dirinya selalu menekankan pada lebih baik mati berkalang tanah, daripada hidup bercermin bangkai. Maksudnya, lebih baik mati berkalang tanah daripada menanggung malu.

Tepatnya 27 Mei 2020, Yasonna menikmati pergantian usianya. Usia beranjak menjadi 67 tahun. Tahun berganti tahun tentu memiliki makna, pesan dan kesan tersendiri. Termasuk juga bagi keluarga, rekan, teman, kerabat, sahabat, saudara dan sebagainya.

Prof. Dr. Gayus Lumbuun, Mantan Hakim Agung menyampaikan melalui ucapan Selamat Ulang Tahun. Teriring doa dan sukses dalam tugasnya. Yang mana memang begitu berat mengemban sebagai Menkumham. Mengenalnya sejak bersama – sama menjadi anggota DPR RI dari Fraksi PDIP dari tahun 2004 s/d 2009. Yasonna bertugas sebagai Pimpinan Fraksi PDIP di MPR RI. Sementara saya ditugaskan sebagai Pimpinan Alat Kelengkapan DPR RI di Badan Kehormatan. Yasonna merupakan seorang intelektual di bidang hukum lulusan Doktor (PhD) dari Amerika Serikat.

Dia juga seorang akademisi dengan jabatan Dekan FH (Fakultas Hukum) Universitas HKBP NOMENSEN, sebuah Universitas terkemuka di Medan. Banyak kebaikan yang pernah diberikan sebagai teman sepengabdian di Parlemen maupun sebagai pribadi. Yang tak terlupakan adalah ketika Yasonna memberikan fasilitas mobil bernomor dinas dari MPR RI. Yang mana Yasonna memberikan untuk saya pergunakan bertugas di DPR RI di satu lembaga yang sama. Yasonna juga seringkali mengikut sertakan saya dalam banyak kegiatan Kepanitiaan Khusus. Seperti Pansus (Panitia Khusus) dan Panja (Panitia Kerja). Ya yang mana merupakan penugasan yang prestisius di kalangan Parlemen.

Banyak momen bersama yang tak terlupakan. Banyaknya ide – ide Yasonna dalam acara penting. Terutama pada saat Rapat Paripurna. Idenya merupakan aspirasi bagi anggota Fraksi. Termasuk keputusan yang diambil dengan perlawanan pada Rapat Paripurna. Yaitu Walk Out (WO) yang merupakan putusan strategis. Bahkan ketika saya sudah bertugas di Mahkamah Agung (MA), masih sempat saya ikuti alangkah hebatnya. Terlebih dalam menyikapi kelompok yang berbeda pendapat. Tak lain dengan cara WO yang menjadi bahan untuk memukul lawan. Ya dengan penyampaian pendapatnya secara politik intelektual. Sehingga mendapatkan dukungan masyarakat umum dan menaikkan citra Presiden terpilih Jokowi.

Yasonna pada usianya 67 tahun merupakan usia yang masih produktif. Menjadi Pemimpin tertinggi di sektor Pemerintahan di bidang Hukum yang dipercaya oleh Presiden. Banyak prestasi yang telah dilakukan melalui sikap tegas demi kepentingan masyarakat yang lebih luas. Walaupun terkadang dianggap sebagian kelompok kecil masyarakat sebagai tindakan yang tidak poluler. Ciri Khas yang saya lihat dari Yasonna sangat terngiang. Ya sejak berteman kurang lebih 2 Periode di DPR RI atau hampir 10 tahun bertugas bersama – sama. Terutama hingga saat ini Yasonna menjabat sebagai Menkumham yang tidak pernah berubah. Adalah Cerdas, Orator tingkat Internasioanal dan Tegas tetapi Bijaksana.

Ada pula yang ingin disampaikan dari Prof. Suahasil Nazara, SE, MSc, PhD selaku wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu). Memberikan apresiasi yang tinggi terhadap Menkumham Yasonna. Mencetak sejarah dalam kedaulatan RI yang terpilih dua kali secara berturut – turut sebagai menteri dalam Kementerian yang sama. Menjadi tokoh di daerah sendiri adalah hal yang lumrah. Tetapi mendapat pengakuan sebagai tokoh di daerah orang lain itu baru luar biasa. Bahkan mendapat pengakuan sebagai tokoh di level Nasional. Baik dalam bidang politik maupun birokrasi. Kemudian juga semangat dalam pendidikan masih kuat tertanam. Mendapatkan gelar Profesor atau Guru Besar. Terlebih memang dalam meraihnya tidak mudah. Banyak kesulitan luar biasa yang dilalui. Apalagi dengan kesibukan yang super padat dengan agenda birokrasi dan politik. Selamat ulang tahun. Teruskanlah perjuangannya. Tetap sehat. Semakin sukses dan disegani banyak orang.

Kemudian, Marinus Gea, S.E., M.Ak., anggota DPR RI Komisi III sekaligus Ketua Umum (Ketum) Himpunan Masyarakat Nias Indonesi (HIMNI) ikut menyampaikan. Selamat Ulang Tahun teruntuk spesial Yasonna. Panjang umur dan sehat selalu. Semakin diberkati Tuhan dalam perjuangannya untuk menjalankan tugas sebagai Menkumham.

Bersyukur, bergembira dan bersukacita akan kinerja Yasonna sebagai tokoh yang mampu angkat harkat dan martabat darah Nias ke tingkat Nasional. Mendo’akan agar tetap sehat dan semakin sukses dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. Yasonna adalah Menteri yang sangat humble. Mampu menjalankan sesuai program bersama dengan rakyat. Sosok yang sangat disenangi. Berharap bisa jadi Menteri lagi untuk periode selanjutnya.

Prof. Dr. HR. Benny Riyanto, S.H., M.H., C.N sebagai Kepala BPHN (Badan Pembinaan Hukum Nasional) pun turut menyampaikan. Yasonna merupakan figur pimpinan yang cerdas. Wawasannya luas. Mengayomi dengan tegas dan terbuka. Yasonna sangat perhatian terhadap bawahan. Yasonna selalu tampil didepan untuk melindungi institusi, pemerintah dan negara. Semua momen bersama selalu mengesankan.

Selanjutnya 1 2 3 4 5 6
Penulis: Ashari

Baca Juga