Berawal dari Video Viral, Polisi Surabaya Bekuk Dua Pelaku Curanmor

Surabaya, Akuratnews.com - Dua pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor), PM (25) dan ABP (24), yang videonya sempat viral saat beraksi di sebuah mini market, akhirnya dibekuk Unit Jatanras Satreskrim Polrestabes Surabaya, pada Rabu (19/8/20) lalu.

Berdasarkan catatan kepolisian, warga Jalan Dukuh Setro Tambaksari dan Bulak Rukem Surabaya tersebut, pernah melakukan aksinya di 4 TKP berbeda.

"Keduanya pernah melakukan pencurian di daerah Tambaksari dan Keputih sebanyak 2 kali, serta Bulak Rukem, Rungkut industri dan Setro masing- masing sekali," terang Wakasat Reskrim, Kompol Wahyudin Latief, saat press rilis di Mapolrestabes, Kamis (27/8/20).

Wahyudin juga menambahkan, modus operandinya, adalah merusak kunci kontak menggunakan kunci T.

"Dalam melakukan aksinya setelah mengintai targetnya, kemudian dirasa situasi aman, ABP sebagai eksekutor merusak kunci kontak menggunakan kunci T, dan kemudian dibawa kabur," imbuh Wahyudin.

Meski telah menangkap kedua tersangka, namun pihak kepolisian masih belum berhasil mengamankan penadah yang menurut pengakuan pelaku berada di Madura.

"Kendaraannya dijual ke Madura, namun untuk penadahnya belum berhasil kami tangkap, tapi kami sudah mengantongi ciri-cirinya," aku Wahyudin.

Selanjutnya, kata Wahyudin saat akan ditangkap di dua tempat berbeda di daerah Bulak Banteng, tersangka melakukan perlawanan sehingga dilakukan tindakan tegas.

"Anggota kami terpaksa menembak kakinya, karena saat akan ditangkap mereka melakukan perlawanan," pungkasnya.

Perlu diketahui, ABP merupakan residivis pencurian helm. Dalam melakukan aksinya mereka menargetkan sepeda motor yang diparkir di depan mini market.

Para pelaku dikenakan pasal 363 ayat 1, dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

Penulis:

Baca Juga