Berhasil Berantas Rentenir Sesuai Program Bupati Karawang, Wawan Setiawan Layak Dapat Awards dari Mediatama

Direktur Utama PT. Lembaga Keuangan Mikro Karawang, Wawan Setiawan
Direktur Utama PT. Lembaga Keuangan Mikro Karawang, Wawan Setiawan

Maraknya rentenir di Kabupaten Karawang, Jawa Barat membuat resah masyarakat. Jerat rentenir itu kini berkurang setelah kehadiran PT. Lembaga Keuangan Mikro yang dipimpin oleh Wawan Setiawan.

Jakarta, Akuratnews.com - Gelaran malam pemberian awards Mediatama Management, Jumat (17/1/2020) tadi malam mendapuk Wawan Setiawan selalu Direktur Utama PT. Lembaga Keuangan Mikro Karawang, Jawa Barat sebagai salah satu penerima penghargaan untuk katagori profesional keuangan.

Menurut Wawan, penghargaan tersebut adalah tanggungjawab besar dirinya dalam menjalankan roda perusahaannya.

"Ini kali kedua penghargaan yang saya raih dari Mediatama. Ini tanggungjawab yang besar untuk meningkatkan prestasi lebih besar ke depan di lembaga keuangan mikro." ujar Wawan Setiawan kepada Akuratnews di Hotel Merilyn Park, Jumat (17/1/2020).

Penilaian memperoleh awards ini dinilai berdasarkan prestasi kerja, kedisiplinan serta bagaimana Wawan mendelegasikan tugas kepada bawahan, serta keberhasilan lainnya.

Penilaian juga dilihat bagaimana Wawan Setiawan berhasil menjalankan sejumlah program di lembaga keuangannya dalam memberikan bantuan kepada sejumlah pengusaha kecil.

"Saat ini di Karawang sedang heboh bank keliling atau para pelepas uang. Kami memberantas itu sebagaimana yang diarahkan oleh Bupati Karawang untuk memberantas para rentenir tersebut." imbuh Wawan.

Program Bupati Karawang dalam memberantas para rentenir sebagaimana yang juga dikerjakan oleh lembaga keuangan mikro yang dipimpin oleh Wawan memang berhasil tercapai selama dua tahun ini.

"Kami adalah salah satu yang menjalankan program Bupati Karawang dalam memberantas para rentenir tersebut." ujar Wawan lagi.

Sementara menyinggung siapa saja yang dapat menerima bantuan dari Lembaga Keuangan Mikro Karawang, Wawan menjelaskan adalah mereka para pedagang kecil.

'Seperti tukang gorengan dan lainnya yang tak bisa dicover oleh perbankan." terangnya.

Sedangkan nilai pinjaman yang bisa didapat para pengusaha kecil mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta. Nilai pinjaman itu murni tidak memberatkan masyarakat karena Wawan menegaskan lembaga keuangan yang dikelola senantiasa memberikan kemudahan.

"Kemudahan yang kami berikan yakni tanpa agunan, bunga yang ada yang sangat rendah yaitu 6 persen per tahun atau 0,5 persen."

Kemudahan lain menurut Wawan yakni para nasabah tidak harus menyetor langsung pengembalian tapi dengan menabung.

Setelah mendapatkan awards dari Mediatama tersebut, Wawan mengaku ingin mengembangkan bantuan kepada seluruh masyarakat Karawang dengan nilai anggaran mencapai Rp 2 Milyar.

"Target di tahun 2020 di Kabupaten Karawang yakni sebesar Rp 2 Milyar dan itu naik 100 persen dari tahun 2019 lalu. Anggaran itu nantinya akan disebar ke seluruh masyarakat Karawang." tutup Wawan.

Penulis: Alamsyah

Baca Juga