Beri Kenyamanan, Kepala TPI Lappa Pimpin Aksi Grebek Sampah

Plt. Kepala UPTD TPI Lappa Sinjai, Emil Salim memimpin aksi Grebek Sampah di Komplek TPI Lappa Sinjai, Sulawesi Selatan, Rabu (15/9/2021). /Ashari/AKURATNEWS.

AKURATNEWS - UPTD Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lappa yang dikelola Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan melakukan aksi Grebek Sampah di komplek TPI Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Rabu (15/9/2021).

Aksi Grebek Sampah ini dipimpin langsung Plt Kepala UPTD TPI Lappa Sinjai, Emil Salim dengan melibatkan sekitar 50 personel gabungan dari Satgas Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), Pemadam Kebakaran (Damka), Pol Air Polres, dan KUD Mina Lappa Sinjai.

Aksi ini difokuskan pada pengerukan sedimen drainase atau selokan akibat tumpukan sampah yang telah lama mengendap. Sejumlah armada Damkar dan DLHK diterjunkan.

Plt Kepala UPTD TPI Lappa Sinjai, Emil Salim menuturkan, aksi Grebek Sampah dilakukan setelah melihat beberapa hari belakangan ini kondisi saluran tidak berfungsi baik, sehingga berinisiasi menindaklanjutinya dengan menggelar kerja bakti.

"Ada beberapa saluran telah lama tersumbat akibat sampah. Itu kita bersihkan semua. Alhamdulillah bantuan dari instansi terkait, sekarang aliran airnya sudah lancar," ungkapnya.

Guna memberi kenyamanan dalam beraktivitas dan mencegah banjir saat hujan, kata Emil, pihaknya mengajak semua stakeholder untuk menjaga kebersihan, terutama bagi para pengusaha dan elemen masyarakat di wilayah kompleks TPI Lappa.

"Saya tegaskan kepada para pengelola TPI Lappa dan pengusaha atau pedagang untuk bersama-sama menjaga kebersihan. Tentunya dengan lingkungan yang bersih, kita akan memperoleh kenyamanan beraktifitas dalam menjalankan usaha," pintanya.

Kepala Seksi Budidaya Dinas Perikanan Sinjai ini, juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam aksi Grebek Sampah.

"Kegiatan-kegiatan seperti ini akan terus kita galakkan dengan mengedepankan partisipatif dan kolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat," pungkasnya.

Penulis: Ashari

Baca Juga