Berikut 8 Tanda Anak Tengah Depresi yang Orang Tua Harus Ketahui

Ilustrasi - Berikut 8 Tanda Anak Tengah Depresi yang Orang Tua Harus Ketahui
Ilustrasi - Berikut 8 Tanda Anak Tengah Depresi yang Orang Tua Harus Ketahui

AKURATNEWS - Depresi menjadi salah satu gangguan mental yang sering dialami oleh seseorang. Isu seputar kesehatan mental terus disebarluaskan khususnya melalui media sosial.

Hal ini dilakukan oleh para pegiat maupun penyintas kesehatan mental agar semua lapisan masyarakat bisa semakin peduli terhadap keadaan jiwa mereka.

Tak hanya menyasar orang dewasa, anak-anak juga dapat merasakan depresi. Sayangnya, mereka tidak bisa secara gamblang mengatakan apa yang tengah dirasakan.

Sebab, orang dewasa sekali pun pasti kesulitan untuk menceritakan kondisi mereka. Meskipun begitu, beberapa tanda berikut ini bisa menjadi sinyal bagi para orang tua tentang si kecil yang kemungkinan sedang mengalami depresi.

1. Selalu bersedih

Jika anak tampak selalu bersedih, menarik diri dari teman-temannya bahkan Anda sebagai orang tua, jangan takut untuk memulai pembicaraan.

Tanyakan apa yang ia rasakan, apa yang membuatnya terlihat murung. Hindari untuk menghakimi si kecil, cukup jadi pendengar yang baik sampai anak benar-benar merasa nyaman untuk terbuka.

Apabila dia mulai mengungkapkan keinginan akan hal-hal yang berbahaya seperti bunuh diri, temani anak untuk bertemu psikolog atau psikiater.

2. Menyakiti diri sendiri

Tanda-tanda fisik dari anak yang tengah mengalami depresi terlihat dari luka dan memar di area tubuhnya. Terkadang anak-anak juga mencabut rambut mereka hingga menyebabkan bercak botak.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Aulia

Baca Juga