Berikut Sejarah dan Amalan Malam Nuzulul Qur’an

Nuzulul Qur'an
Nuzulul Qur'an

Allah SWT menurunkan Al-Qur'an di Madinah dan Makkah. Itulah mengapa, surat-surat dalam Al-qur'an terbagi dua golongan, yaitu golongan surat Makkiyah dan golongan surat Madaniyah.

Masa turunnya ayat Al-Qur’an golongan Makkiyah berlangsung 9 tahun, dan golongan surat Madaniyah berlangsung 10 tahun.

Proses turun Al-Qur’an tersebut, Nabi Muhammad SAW sekaligus menjamin eksistensi Agama Islam.

Keutamaan Nuzulul Qur'an untuk memperoleh keberkahan dari Allah SWT, mengharapkan Diampuni segala Dosanya, mendapat pahala berlipat-lipat.

Untuk mendapat keberkahan, ampunan dan pahala ada amalan yang diamalkan pada malam Nuzulul Qur'an sebagai wujud peringatan atas peristiwa maha agung dan mulia tersebut.

Menurut sebagian para ulama amalan pertama dan utama adalah membaca Al-Qur’an, memperbanyak baca Al-Qur’an, sehingga mendapatkan pahala dan kemuliaan yang berlimpah.

Amalan berikutnya melakukan Itikaf, yaitu berdiam diri di masjid, sesuai ketentuan Itikaf seraya membaca Al-qur'an, berdzikir, berdoa, dan melaksanakan shalat malam, seperti shalat sunat Tahajut, shalat hajat, dll.

Memperbanyak shalat malam adalah amalan baik yang diamalkan pada malam Nuzulul Qur'an, selanjut memperbanyak do’a sesuai hajat adalah juga bagian dari amalan pada malam Nuzulul Qur'an.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Irfan Yulianto
Editor: Ahyar

Baca Juga