Berkas Lengkap, Polda Jatim Sita Rp147,8 Miliar Uang MeMiles

Surabaya, Akuratnews.com - Polda Jawa Timur (Jatim) segera melimpahkan berkas penyidikan kasus dugaan investasi bodong MeMiles ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim. Penyerahan ini nantinya dalam status tahap satu.

Hal ini dilakukan, setelah berkas perkara yang melibatkan lima tersangka itu sudah dianggap lengkap oleh penyidik.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, penyidikan perkara ini telah memakan waktu selama dua bulan. Namun kini berkasnya telah lengkap. Semua saksi juga sudah diperiksa.

"Sesuai dengan administrasi penyidikan, sebagaimana komitmen Kapolda, kami akan menyampaikan perkembangan saat dinyatakan lengkap," kata Trunoyudo di Surabaya, Senin (10/2).

Dalam berkas tersebut tercantum lima tersangka, yakni Kamal Tarachan atau Sanjay sebagai Direktur Utama PT Kam and Kam yang menaungi MeMiles, Suhanda sebagai Manajer, Martini Luisa alias dr Eva sebagai motivator yang menggaet para member, Prima Hendika sebagai ahli IT dan Sri Widya atau Wiwit sebagai penyalur barang reward member.

Mereka dijerat pasal 106 junto pasal 24 ayat 1, dan atau pasal 105 junto pasal 9 UU No. 7/2014 tentang Perdagangan, dan atau pasal 46 ayat 1 dan ayat 2 junto pasal 16 ayat 1 UU No. 10/1998 tentang perubahan atas UU No. 7/1992 tentang Perbankan.

"Kami juga sita sejumlah barang bukti seperti uang tunai Rp147,8 miliar. 28 unit roda empat dan 3 unit roda dua," papar Trunoyudo.

Ia menjelaskan, berkas yang rencananya dikirim besok itu masih akan ditinjau kelengkapannya oleh Kejaksaan. Jika dinyatakan lengkap atau P21, Polda Jatim siap melakukan tahap dua dengan mengirim tersangka dan barang bukti.

"Jaksa penuntut umum nanti akan meneliti berkas perkara. Apakah dikatakan lengkap, apakah ada petunjuk. Tentu ada petunjuk dari kejaksaan kepada penyidik," pungkas Trunoyudo.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga